Jakarta (ANTARA) - Pengurus Masjid Agung At Tin Taman Mini Indonesia Indah menyalurkan zakat fitrah sebanyak Rp21.353.000 yang diumumkan sesaat sebelum penyelenggaraan shalat Idul Fitri 1444 Hijriah.

Selain zakat fitrah, pihak pengurus masjid juga menerima dan menyalurkan zakat mal sebanyak Rp90.173.000, infak sebesar Rp529.500, sedekah sebanyak Rp442.500, dan fidyah sebesar Rp120.000.

"Bila ditotal, maka untuk penerimaan tahun ini mencapai Rp112.618.000," kata pengurus Masjid Agung At Tin Khaerudin kepada ANTARA, Sabtu.

Selain itu Khaerudin menambahkan bahwa pihak pengurus masjid juga menerima zakat berupa beras total sebanyak 29 liter dari jamaah dan sumbangan total 7 ton beras dari individual.

Baca juga: KAJ ucapkan selamat Idul Fitri 1444 H untuk umat Muslim di Indonesia

Baca juga: Menkopolhukam Shalat Idul Fitri di Ponpes Nurul Jadid Paiton


Pada penyelenggaraan shalat Idul Fitri kali ini, sebanyak lebih dari 5000 umat Islam memenuhi Masjid Agung At Tin dan plaza di sekitarnya. Bertindak sebagai imam shalat adalah H. Ahmad Fauzi Lubis dari pengurus Masjid Agung At Tin dengan khatib K.H. Mochammad Bukhori Muslim dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama.

Dalam paparannya, Bukhori Muslim menyampaikan bahwa Idul Fitri adalah hari yang penuh kegembiraan dan curahan rahmat karunia dari Allah SWT. Karenanya umat Islam diperintahkan oleh Allah SWT untuk bergembira pada hari raya tersebut.

"Hari ini kita bergembira jadi jangan sampai kita melihat ada orang yang bersedih. Jangan ada kegundahan dan kesedihan dari orang-orang terdekat kita. Karena itu kita harus menciptakan kegembiraan bagi lingkungan sekitar," jelasnya.

Baca juga: Ribuan warga Bandung ikuti Salat Id di Masjid Al Jabbar

Baca juga: Heru Budi bersalaman dengan jamaah Shalat Idul Fitri di Balai Kota

 

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023