Ankara (ANTARA) - Korea Selatan mengirim pesawat militer untuk mengevakuasi warganya yang terjebak di tengah pertempuran di Sudan.

Sebuah pesawat militer dengan 50 personel, termasuk di antaranya petugas keamanan dan medis, berangkat ke Djibouti pada Jumat (21/4), karena bandara di ibu kota Sudan ditutup sejak pertempuran meletus antara militer Sudan dan paramiliter Pasukan Dukungan Cepat (RSF).

Menurut laporan Kantor Berita Yonhap, jumlah warga negara Korsel yang berada di Sudan yaitu 25 orang.

"Sementara pesawat angkut dan pasukan kami berencana untuk bersiaga di pangkalan militer Amerika Serikat di Djibouti dan mengamati situasi, mereka akan memprioritaskan evakuasi," kata Kementerian Pertahanan Korsel.

Baca juga: Menlu Retno: Indonesia bersiap evakuasi WNI dari Sudan

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Korsel menaikkan peringatan perjalanan ke Sudan menjadi Level 4, atau tertinggi dalam sistem peringatan perjalanan bagi warganya.

Pertempuran antara Angkatan Bersenjata Sudan (SAF) dan RSF dimulai sejak 15 April 2023 di Ibu Kota Khartoum dan wilayah sekitarnya.

RSF menuduh tentara menyerang pasukannya di selatan Khartoum dengan senjata ringan dan berat, sementara militer mengklaim bahwa pasukan paramiliter menyebarkan kebohongan dan menyebutnya sebagai kelompok pemberontak.

Kelompok paramiliter mengumumkan gencatan senjata kemanusiaan selama 72 jam mulai Jumat pukul 06.00 pagi waktu setempat, yang bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri umat Muslim.

Sudan tidak memiliki pemerintahan yang berfungsi sejak Oktober 2021, ketika militer membubarkan pemerintahan transisi Perdana Menteri Abdalla Hamdok dan menyatakan keadaan darurat dalam suatu langkah yang oleh kekuatan politik disebut sebagai kudeta.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Pesawat-pesawat Spanyol siap evakuasi warga dari Sudan

Baca juga: Sekjen PBB desak pihak bertikai di Sudan segera hentikan pertempuran

Penerjemah: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023