Alhamdulillah pelaksanaan shalat id berjalan lancar dan khusyuk
Bandarlampung (ANTARA) - Ribuan umat Islam Bandarlampung, Provinsi Lampung melaksanakan shalat Idul Fitri (id) 1444 Hijriah di Stadion Mini Waydadi, Kecamatan Sukarame bersama kepala daerah serta sejumlah pejabat di kota setempat.

Wartawan ANTARA, Sabtu melaporkan shalat Idul Fitri di Stadion Mini Waydadi terbagi dua bagian, di mana bagian depan merupakan shaf untuk para makmum pria dan bagian belakang shaf yang diperuntukkan bagi makmum perempuan.

Meskipun kondisi Stadion Mini Waydadi sedikit becek setelah diguyur hujan pada pagi hari tidak menyurutkan para jamaah yang memilih stadion tersebut lokasi untuk menunaikan ibadah shalat id.

"Alhamdulillah pelaksanaan shalat id berjalan lancar dan khusyuk," kata Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana, usai melaksanakan shalat id.

Ia pun mengapresiasi warganya, terutama mereka yang beragama Islam karena tetap antusias melaksanakan shalat Idul Fitri di Stadion Mini Waydadi walaupun sempat diguyur hujan.

"Minal Aidzin Wal Fa Idzin, saya ucapkan selamat Idul Fitri bagi segenap umat Muslim di Bandarlampung dan mohon maaf lahir batin. Di hari yang fitri ini adalah suatu keberkahan bagi masyarakat Bandarlampung, karena kita ketahui sempat turun hujan semalam tapi ternyata pagi ini cerah dan semua bisa melaksanakan shalat id," kata Eva Dwiana.

Sementara itu, salah satu warga Bandarlampung Dina, mengaku memilih shalat Idul Fitri di Stadion Mini Waydadi karena biar lebih mudah mendapatkam shaf dan tidak rebutan.

"Biar nggal ribet aja milih shalat di sini karena luas dan juga agar lebih mudah saja usai shalatnya tidak berkerumun saat keluarnya," kata dia.

Sedangkan khatib shalat id, Kasimun dalam khutbahnya mengingatkan umat Islam untuk bisa memperkokoh "ukhuwah Islamyiah" pada Idul Fitri.

"Mari kita jadikan hari ini sebagai momentum memperkuat ukhuwah sesama saudara Muslim dan sesama anak bangsa. Kita tunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia damai mendamaikan, bahwa seluruh sikap warga Indonesia adalah hak-hak tentang keberagamaan yang memiliki karakter dan cara pandang praktik beragama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," kata Kasimun.

Berdasarkan pantauan sejumlah masjid-masjid besar di Kota Bandarlampung disesaki oleh umat Islam yang shalat Idul Fitri 1444 Hijriah.

Tidak hanya itu sebagian warga Bandarlampung pun ada yang menggelar shalat id di halaman bangunan-bangunan ruko di Jalan Antasari.


Baca juga: Ribuan umat Islam melaksanakan salat Idul Fitri di Kompleks Muhammadiyah Labuhan Ratu

Baca juga: Masjid Al-Furqon di Bandarlampung dipadati jemaah yang akan melaksanakan salat Idul Fitri

Baca juga: Walikota Bandarlampung melaksanakan salat Idul Fitri bersama ribuan warga

Baca juga: Harga daging sapi di Bandarlampung melebihi Rp 150 ribu/kg

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023