Kebijakan satu arah (one way) di jalur tol dari arah barat sudah tidak diberlakukan. Namun, gerbang tol dari arah barat dibuka tujuh pintu, sedangkan dari arah timur dibuka tiga pintu.
Semarang (ANTARA) - Arus mudik Lebaran 2023 yang melintasi Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah, Sabtu, terpantau masih padat dengan dominasi antrean kendaraan berpelat Jakarta, Jawa Barat, dan sekitarnya.

Kebijakan satu arah (one way) di jalur tol dari arah barat sudah tidak diberlakukan. Namun, gerbang tol dari arah barat dibuka tujuh pintu, sedangkan dari arah timur dibuka tiga pintu.

Para petugas Jasamarga Semarang-Batang disiagakan di pintu-pintu gerbang tol untuk mengantisipasi jika ada pengguna jalan tol yang membutuhkan informasi dan pelayanan, seperti isi ulang kartu tol.

Baca juga: Contraflow diterapkan atasi kepadatan jalan Tol Jakarta-Cikampek

Sejumlah pemudik mengaku alasan memilih mudik tepat pada Hari Raya Idul Fitri untuk menghindari kemacetan, mengingat banyak warga yang sudah merayakan lebaran di kampung halaman.

Seperti disampaikan M Reihan Adiwibowo (25), pemudik asal Bandung yang berencana mudik ke Solo bersama keluarganya tepat pada lebaran, dan sepanjang perjalanan lancar tanpa kemacetan.

"Perjalanan tadi lancar, tidak menemui kemacetan. Memang pilih (mudik, red.) pas lebaran ini. Pertama, menyesuaikan waktu. Kedua, juga agar lalu lintasnya tidak macet," ujarnya.

Nuriddin (56), pemudik dari Pekalongan juga memilih mudik persis pada hari H lebaran karena memang ingin menghindari kepadatan kendaraan, selain karena memang baru luang sekarang.

"Kebetulan kemarin banyak tamu. Baru bisa sekarang mudik. Ini mau ke Mojokerto, dari Pekalongan. Ya, mudah-mudahan tidak macet ya," katanya, ditemui saat mengisi saldo kartu tol di GT Kalikangkung.

Baca juga: Gubernur Jawa Barat: Arus Mudik 2023 berjalan lancar

Sementara itu, berdasarkan data yang dihimpun dari Pos Pengamanan Lebaran GT Kalikangkung Semarang tercatat peningkatan kendaraan dari arah barat ke timur pada pagi hingga siang hari.

Data terbaru trafik kendaraan di GT Tol Kalikangkung Semarang pada Sabtu ini baru terhimpun hingga pukul 12.00 WIB dengan perhitungan trafik kendaraan setiap dua jam sekali.

Data setiap dua jam, pukul 06.00-08.00 WIB tercatat 1.509 kendaraan, 08.00-10.00 WIB naik menjadi 2.042 kendaraan, dan dua jam kemudian kembali meningkat menjadi 3.795 kendaraan dari arah barat.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023