Ada lima produk yang dibeli, bisa mencapai Rp3 juta dan dibayar tunai tanpa tawar-menawar
Labuan Bajo (ANTARA) - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) bersama keluarganya membeli produk UMKM lokal yang dipamerkan di destinasi wisata Gua Batu Cermin Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

"Ada lima produk yang dibeli, bisa mencapai Rp3 juta dan dibayar tunai tanpa tawar-menawar," kata Finka (26) dari Kananta Art Shop yang memamerkan produk di depan Gua Batu Cermin Labuan Bajo, Ahad siang.

Setelah masuk ke dalam Gua Batu Cermin, Presiden RI Joko Widodo melihat produk UMKM yang dipamerkan oleh pelaku UMKM di depan gua.

Presiden tampak bercakap-cakap dengan Finka dan bertanya tentang produk UMKM itu.

Baca juga: Presiden Jokowi jalan bersama Jan Ethes di Labuan Bajo

Baca juga: Presiden Jokowi kunjungi Gua Batu Cermin Labuan Bajo


Finka pun mengambil sebuah anting dan menjelaskan bahwa anting tersebut menggunakan kain perca tenun.

"Semua kain tenun kami tidak ada yang terbuang, pak. Kalau ada yang sudah digunakan untuk tas atau baju, sisanya lagi kami gunakan untuk anting, jadi semua terpakai, karena ini pewarnaan alam," kata Finka menjelaskan kepada Presiden Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi membeli sebuah topi pantai motif Ende. Sedangkan cucunya, Jan Ethes yang selalu digandeng oleh Presiden dibelikan bucket hat motif Sikka berwarna biru. Harga dari masing-masing topi tersebut Rp200 ribu.

Menantu Presiden, Selvi Ananda juga tampak berbincang dengan penjual. Di sampingnya Gibran Rakabuming menggendong La Lembah Manah, cucu perempuan Presiden Jokowi.

Selvi menanyakan harga dari tas motif Sikka kepada penjual. Lalu, ia membeli tas motif Sikka itu dengan harga Rp500 ribu. Selvi juga membeli sebuah gelang tali motif Sikka berwarna biru untuk La Lembah Manah.

Usai membeli produk UMKM tersebut, Presiden Jokowi bersama anak pertama, menantu, dan kedua cucu naik ke mobil dan meninggalkan Gua Batu Cermin.

Baca juga: Presiden Jokowi cek kesiapan Labuan Bajo untuk ASEAN Summit

Sebelumnya, Presiden bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo, dua anak laki-laki, menantu, dan cucu masuk ke dalam Gua Batu Cermin.

Momen liburan keluarga besar Jokowi ini tanpa dihadiri oleh anak perempuannya, Kahiyang Ayu bersama suami dan anak.

"Saya sampai sekarang masih gemetar, senang sekali. Terima kasih sudah datang, Bapak," ucap Finka bangga dan bersyukur.

Presiden berkunjung ke Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, untuk mengecek kesiapan daerah pariwisata super prioritas ini dalam pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi ke-42 ASEAN atau ASEAN Summit pada 9 hingga 11 Mei 2023.

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023