Kandangan, Kalsel (ANTARA) - Petugas Rutan Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Kandangan, Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan, mensyaratkan pengunjung untuk vaksin COVID-19 atau tes swab antigen ketika menjenguk sanak keluarga saat libur Lebaran 2023.

"Kita buka kunjungan tatap muka tatap muka kepada seluruh warga binaan, baik itu tahanan maupun narapidana dari 23 hingga 24 April 2023," kata Kepala Rutan Kandangan, Jeremia Leonta di Kandangan, Minggu.

Dijelaskan Jeremia, kunjungan saat Lebaran tersebut dari pukul 09.00 Wita-16.30 Wita, dengan jadwal dari pukul 09.00 sampai 11.30 Wita, kemudian istirahat dilanjutkan kembali pukul 15.00 hingga 16.30 Wita.

Seluruh keluarga dari warga binaan diperbolehkan datang untuk menjenguk, dengan syarat harus sudah divaksin dibuktikan dengan kartu vaksin atau melakukan swab antigen, kalau tidak memenuhi syarat itu tidak diizinkan masuk Rutan Kandangan.

"Karena ini bukan keputusan kita, tapi itu keputusan dari Kementerian yang menaungi lembaga kita, sebagai syarat dan pedoman protokol kesehatan yang masih kita terapkan," ucap Jeremia.

Untuk jumlah warga binaan saat ada sekitar 303 orang dan kebanyakan mendapatkan remisi khusus Lebaran dengan remisi sekitar 15 bulan, satu bulan hingga dua bulan.

Pemberian remisi didasarkan pada penilaian dengan asesmen mempertimbangkan tingkat resiko kejahatan menurun, sepanjang warga binaan bisa berkelakuan baik tentu akan mendapatkan remisi sesuai ketentuan perundang-undangan.

"Kita berharap warga binaan kita di rutan bisa berkurang dari 300 orang, yang memenuhi syarat dibebaskan kita keluarkan segera, kalau pun ada over kapasitas terpaksa nantinya kita pindahkan ke rutan atau lapas lainnya," tutur Jeremia.

Baca juga: Sebanyak 28 warga binaan Rutan Wates Kulon Progo dapat remisi Lebaran
Baca juga: Polda Metro Jaya atur mekanisme kunjungan ke rutan saat Lebaran 2023
Baca juga: Kanwil Kumham DKI Jakarta siapkan 56 TPS khusus untuk warga binaan

Pewarta: Taufik Ridwan dan Fathurrahman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023