Hujan seminggu terakhir mengakibatkan pasokan menipis...
Jayapura (ANTARA News) - Harga cabe rawit di sejumlah pasar Kota Jayapura mencapai Rp100 ribu per Kilogram karena pasokan sedikit, sementara permintaan meningka saat Natal.

Mama Nira, seorang penjual sayuran di Pasar Hamadi, Kota Jayapura, Rabu mengatakan cabe rawit yang dijualnya berasal dari Petani di daerah Arso dan Koya mengalami kenaikan harga karena seminggu terakhir hujan turun di wilayah Jayapura.

"Hujan seminggu terakhir mengakibatkan pasokan menipis dan tidak berimbang dengan permintaan konsumen," katanya.

Dia menambahkan, kenaikan harga cabe rawit sudah terjadi sejak seminggu terakhir, naik perlahan hingga terakhir mencapai Rp100 ribu, sementara cabe merah dijual dengan harga Rp80 ribu per kilogramnya.

Sedangkan tomat sebelumnya Rp 8.000/kg sejak dua hari lalu dijual dengan harga Rp 20.000/kg. Berbagai jenis bumbu juga mengalami kenaikan harga seperti bawang merah dari Rp25.000 per kg menjadi Rp28.000 karena persediaannya berkurang dengan permintaan konsumen yang meningkat, kemudian harga bawang putih yang biasanya Rp20.000 naik menjadi Rp225.000 per Kg.

Hj. Sri pedangang rempah-rempah di Pasar Youtefa membenarkan akhir-akhir ini harga cabe memang mengalami kenaikan antara Rp10 ribu hingga Rp15 ribu per kilogramnya.

Sebelumnya atau pekan lalu, harga cabe merah di Pasar Youtefa berkisar Rp65 ribu per kilogram, sedangkan hari ini (26/12) harga menjadi Rp80 ribu per kilogram.

Dia memperkirkan harga cabe akan bertahan tinggi, dipengaruhi momentum Natal dan Tahun Baru, yang membuat persediaan lebih banyak dipasok ke daerah ibu kota Provinsi Papua itu.

(KR-DRS) 

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2012