Tidak kurang dari 1.500 personel organik, tambahan tenaga outsourcing serta TNI dan Polri.
Tangerang (ANTARA) - Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) menyiagakan lebih dari 1.500 personel keamanan yang terdiri dari personel organik, tambahan tenaga outsourcing, hingga TNI dan Polri untuk menjaga keamanan lingkungan bandara selama masa Angkutan Lebaran 2023.

“Tidak kurang dari 1.500 personel organik, tambahan tenaga outsourcing serta TNI dan Polri,” kata Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta M Holik Muwardi, di Tangerang, Banten, Senin.

Selain itu, pihaknya menyampaikan Bandara Internasional Soetta juga beroperasi selama 24 jam pada masa Angkutan Lebaran 2023 ini, selama arus mudik maupun arus balik. “Bandara Soekarno-Hatta juga beroperasi selama 24 jam,” ujar Holik.

Tidak hanya itu, pihaknya juga mengaktifkan Posko Layanan Terpadu di Terminal 1B Bandara Internasional Soetta selama masa Angkutan Lebaran 2023

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan data terkait penumpang, lalu lintas penerbangan, informasi seputar angkutan Lebaran dan lainnya, dapat langsung mengunjungi posko yang berlokasi di Terminal 1B tersebut.

Ada pun, pada angkutan Lebaran tahun ini pihak bandara mengoperasikan Terminal 1B sebagai upaya mengantisipasi lonjakan penumpang saat arus mudik maupun arus balik.

“Kami mengoperasikan Terminal 1B untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, khususnya di Terminal 1A,” ujar Holik.

Dalam mengoperasikan kembali Terminal 1B, pihaknya meningkatkan kesiapan fasilitas dan mengerahkan tambahan personel di terminal tersebut, yang melibatkan tenaga internal hingga TNI dan Polri.

Pada H+1 Lebaran hari ini, Senin, Bandara Internasional Soekarno-Hatta melaporkan terdapat sebanyak 64.540 penumpang akan melakukan keberangkatan dan sebanyak 65.858 penumpang akan tiba.

Dengan demikian, total penumpang yang hilir mudik pada arus balik tepatnya H+1 Lebaran (Idul Fitri 1444 Hijriah) kali ini sebanyak 130.398 penumpang.

Pihak bandara optimistis jumlah penumpang maupun lalu lintas penerbangan akan meningkat pada Angkutan Lebaran 2023 ini, dibandingkan capaian tahun 2022 lalu, seiring dengan pembukaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada awal tahun ini.

“Kami memprediksi kenaikan untuk penumpang 20 hingga 30 persen dan lalu lintas 10 persen sampai 15 persen selama periode Angkutan Lebaran 2023,” ujar Holik.
Baca juga: AP II catat jumlah penerbangan di Soetta di atas 1.000 dalam tiga hari
Baca juga: Bandara Soetta catat 65.858 penumpang tiba pada arus balik H+1 Lebaran

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023