Cianjur (ANTARA) - Aparat kepolisian menutup jalur menuju Puncak dari arah Cianjur, Jawa Barat, karena arus kendaraan di sepanjang jalur utama Puncak mengalami macet panjang dengan laju kendaraan terhenti selama beberapa menit dari kedua arah.

Kapolres Cianjur Ajun Komisaris Besar Polisi Aszhari Kurniawan di Cianjur, Senin, mengatakan penutupan jalur menuju Puncak dari Cianjur tepatnya di bundaran Lampu Gentur-By Pass, Cianjur, sebagai upaya antisipasi macet total di jalur Puncak.

"Memasuki H+3 Lebaran, volume kendaraan pemudik berbaur dengan kendaraan wisatawan yang hendak menghabiskan libur panjang hari raya di kawasan Puncak-Cipanas, terutama di sejumlah objek wisata di kawasan yang sama," katanya.

Baca juga: Sistem one way dihentikan jalur Puncak Bogor kembali normal dua arah

Antrean kendaraan tetap terjadi meski pihak kepolisian telah melakukan sistem buka tutup satu arah dari Bogor ke Cianjur pada pagi hari. Namun, tingginya volume kendaraan dari kedua arah, terutama roda dua, membuat sistem tersebut tidak berjalan maksimal.

Bahkan antrean kendaraan terus memanjang dari kedua arah sehingga petugas Satlantas Polres Cianjur menerapkan sistem buka tutup di sejumlah titik guna mencairkan antrean.

Baca juga: Plt Bupati Bogor minta Kemenhub bikin underpass di Jalur Puncak

Tidak hanya buka tutup, untuk menekan volume kendaraan menuju Puncak dari arah Cianjur, polisi juga melakukan penutupan jalur.

"Upaya sementara jalur dari Cianjur ke Puncak dilakukan penutupan dan kendaraan diarahkan ke sejumlah jalur alternatif. Hanya warga lokal dengan tujuan Cipanas, Pacet dan Sukaresmi yang diizinkan melintas," katanya.

Baca juga: Polres Cianjur terapkan satu arah di jalur Puncak

Kapolres meminta pengguna jalan memanfaatkan jam sepi untuk melintas di jalur mudik Cianjur, seperti pada dini hari dan sebelum pagi karena aktivitas warga dan wisatawan masih rendah. Jalur alternatif di kawasan Puncak-Cipanas menjadi solusi lain bagi pengguna kendaraan.

"Untuk jalur alternatif di jalur mudik Cianjur, mulai dari Cianjur ke arah Jonggol atau Sukabumi atau di kawasan Cipanas-Puncak dapat mengambil jalur Puncak II untuk menghindari macet parah di jalur utama Puncak," katanya.

Polres Cianjur memperkirakan kepadatan arus lalu lintas terjadi hingga akhir pekan atau Minggu (30/4) karena volume kendaraan arus balik akan berbaur dengan wisatawan dan pendatang yang hendak bersilaturahmi ke Cianjur atau sebaliknya.

Baca juga: Polres Bogor beri tiga imbauan bagi pemudik jalur Puncak

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023