Angka kunjungan hingga petang sudah lebih dari 11 ribu orang, angka kunjungan akan terus meningkat hingga Minggu (30/4/2023)
Cianjur (ANTARA) - Wisatawan memadati objek wisata alam di kawasan Cianjur utara Kabupaten Cianjur, Jawa Barar, seperti Kebun Raya Cibodas, Taman Bunga Nusantara dan Savilage, Senin. 

Data pengelola tempat wisata Cianjur tepatnya di Kebun Raya Cibodas (KRC), Senin, menunjukkan sejak pagi hingga siang tercatat 13 ribu pengunjung dari berbagai daerah di Jabodetabek memenuhi objek wisata alam yang memiliki koleksi jutaan tanaman langka.

Angka kunjungan pada libur lebaran tahun ini, meningkat tajam dibandingkan dua tahun yang lalu sebelum COVID-19 melanda seluruh dunia termasuk Indonesia. Sebagian besar pengujung yang datang sengaja untuk berlibur sambil menggelar acara keluarga di KRC.

Untuk memberikan rasa aman dan nyaman pengelola menambah petugas termasuk mendirikan posko kesehatan bagi pengunjung dan tetap diminta untuk menerapkan protokol kesehatan meski tidak terlalu ketat, petugas melakukan imbauan dan memberikan informasi untuk memudahkan pengunjung.

Direktur Kebun Raya Cibodas, Marga mengatakan angka kunjungan sudah meningkat sejak hari pertama lebaran dan pada lebaran hari kedua. Angka kunjungan sudah mencapai 13 ribu pada siang hari dan diperkirakan  tembus 15 ribu pengunjung.

Baca juga: Pemudik dapat menikmati obyek wisata di jalur mudik Cianjur

"Kami perkirakan kunjungan pada lebaran hari kedua mencapai 15 ribu pengunjung hingga petang dan angka kunjungan akan tetap tinggi sampai akhir pekan nanti," katanya.

Kondisi yang sama juga terlihat di Taman Bunga Nusantara dan Savilage di Puncak, angka kunjungan pada lebaran kedua lebih dari 11 ribu orang. Jumlah pengunjung diperkirakan terus bertambah pada Senin, yang didominasi pengunjung menggunakan kendaraan pribadi roda empat.

"Angka kunjungan hingga petang sudah lebih dari 11 ribu orang, angka kunjungan akan terus meningkat hingga Minggu (30/4/2023). Dibandingkan dua tahun terakhir, angka kunjungan meningkat tajam diperkirakan puncaknya akan lebih dari 30 ribu pengunjung," kata Manajer Humas Taman Bunga Nusantara Yanwar.

Baca juga: Produk UMKM Cianjur menjadi idola di sejumlah negara ASEAN

Baca juga: Pekerja migran dapat berbagai kemudahan bekerja di negara ASEAN

 

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023