Labuan Bajo (ANTARA) - Presiden Joko Widodo bersama keluarga mengunjungi objek wisata Loh Buaya, Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo, di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

"Secara umum beliau (Presiden Joko Widodo) dan keluarga menikmati liburan keluarga di Loh Buaya di tengah cuaca yang sangat panas," kata Kepala Balai Taman Nasional Komodo Hendrikus Rani Siga di Labuan Bajo, Senin malam.

Dalam kunjungan itu, Presiden Jokowi mengenakan baju berwarna hijau, menggendong cucu perempuannya, La Lembah Manah, naik Kapal Pinisi Ayana Lako Di'a dari Pelabuhan Labuan Bajo pukul 10.25 Wita.

Ikut dalam rombongan itu, Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Gibran Rakabuming dan istrinya, Selvi Ananda, serta Kaesang Pangarep dan istrinya, Erina Gudono.

Baca juga: Presiden gendong cucu La Lembah Manah naiki pinisi di Labuan Bajo

Dalam kunjungan ke Loh Buaya, Hendrikus menjelaskan Presiden Jokowi dan keluarga melewati jalan jerambah (elevated deck) yang telah terbangun, lalu ada beberapa ekor komodo dewasa yang melintas di bawahnya.

Presiden Jokowi dan keluarga sempat beristirahat sebentar di Cafe Ranger, kemudian menuju Komodo Information Center untuk melihat 52 diorama yang ada di lokasi itu.

"Beliau dan keluarga kembali ke Labuan Bajo setelah kurang lebih dua jam berwisata di Loh Buaya," ucap Hendrikus.

Baca juga: Jokowi tinjau UMKM dan lokasi wisata Labuan Bajo jelang KTT ASEAN

Dalam video amatir yang sempat beredar, tampak Presiden Jokowi mengenakan kaos hijau dan topi motif Ende yang dibeli dari UMKM saat mengunjungi Gua Batu Cermin, Minggu (23/4).

Presiden Jokowi pun menggandeng cucunya, Jan Ethes, ditemani pasukan pengamanan presiden dan seorang naturalist guide di depan. Presiden tersenyum kepada para pengunjung Loh Buaya yang juga melintas di jalur sama.

Baca juga: Jokowi gandeng Jan Ethes naik pinisi di Labuan Bajo

Presiden Jokowi dan keluarga menyusuri jalan jerambah yang terbangun dengan ketinggian dua meter agar tidak mengganggu aktivitas komodo dan satwa lain yang melintas di bawahnya.

Jalan jerambah itu juga merupakan infrastruktur yang dibangun pemerintah untuk melindungi keselamatan wisatawan yang berkunjung ke Loh Buaya.

Kapal Pinisi Ayana Lako Di'a kembali membawa rombongan Presiden Jokowi dan keluarga ke Labuan Bajo dan tiba di dermaga pada pukul 17.09 Wita. Rombongan kemudian menuju ke Hotel Meruorah Labuan Bajo untuk beristirahat.

Baca juga: Presiden Jokowi puji keindahan Gua Batu Cermin Labuan Bajo
Baca juga: Presiden Jokowi beli kain tenun pewarna alami dari Sikka
Baca juga: Jokowi beli produk UMKM lokal di Gua Batu Cermin

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023