Untuk data kunjungan ada kenaikan 30 persen, sementara pada Lebaran 2022 kenaikannya15  persen dibanding hari biasa
Bandung (ANTARA) - Pengelola Taman Wisata Alam (TWA) Tangkuban Parahu Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, menyebutkan kunjungan wisatawan ke gunung di utara Kota Bandung itu mengalami kenaikan 30 persen dibanding hari biasa.

Kunjungan wisatawan pada akhir pekan biasa ke Tangkuban Parahu rata-rata sekitar 2.000 lebih wisatawan per hari.

"Untuk data kunjungan ada kenaikan 30 persen, sementara pada Lebaran 2022 kenaikannya15  persen dibanding hari biasa," kata Direktur Operasional (Dirops) TWA Tangkuban Parahu Ruslan Kaban di Bandung Barat, Senin.

Dalam periode libur Idul Fitri 1444 Hijriah atau Lebaran 2023 ini, Ruslan mengatakan didominasi oleh wisatawan dari luar Jawa.

Baca juga: Badan Geologi deteksi fenomena sinar api di Gunung Tangkuban Parahu

"Untuk dominasi wisatawan, salah satunya Jambi, Riau, Lampung, Palembang, sedangkan untuk Jawa sendiri didominasi sejauh ini oleh warga Jabodetabek," ucapnya.

Mengingat kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang belum dicabut dan juga beberapa daerah melaporkan adanya kenaikan kasus COVID-19, pihak TWA Tangkuban Parahu masih mengimbau pengunjung untuk menaati protokol kesehatan.

"Untuk Imbauan prokes kami masih tetap berlakukan sampai saat ini," ucap Ruslan.

Diketahui, setiap momen libur panjang seperti Idul Fitri atau Lebaran, Lembang dan sekitarnya termasuk Gunung Tangkuban Parahu menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan.

Baca juga: Gunung Tangkuban Parahu terpantau muntahkan asap solfatara

Baca juga: Wisatawan padati kawasan Lembang dengan terapkan protokol COVID-19

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023