Para wisatawan asal Belanda menginap 5 hari satu minggu, secara tidak langsung peningkatan kunjungan memberikan dampak peningkatan pendapatan
Ambon (ANTARA) - Objek wisata Pantai Ngurbloat di Desa Wisata Ngilngof, Kecamatan Manyeuw, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku, selama liburan Lebaran dikunjungi ribuan wisatawan domestik dan mancanegara.
 
"Di libur Lebaran tahun ini terjadi peningkatan kunjungan wisatawan yang cukup luar biasa ke Pantai Ngurbloat, sejak awal April total mencapai 10 ribu pengunjung," kata Ketua Pengelola Desa Wisata Ngilngof, Ronald Tethool di Ambon, Senin.

Wisatawan yang berkunjung katanya, didominasi wisatawan domestik baik dari kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual, juga dari Kota Ambon dan beberapa kabupaten di Maluku.

"Sebanyak 60 persen didominasi wisatawan lokal di Malra dan kota Tual, sisanya dari kabupaten kota di Maluku, juga dari Jakarta, Papua dan wisatawan mancanegara asal Belanda," katanya.

Ia mengatakan, wisatawan mengisi libur lebaran dengan mengunjungi pantai Ngurbloat yang dikenal sebagai Pantai Pasir Putih terhalus di Indonesia, Asia bahkan di Dunia.

"Wisatawan menghabiskan waktu libur menikmati keindahan alam, juga memilih untuk menginap di cottage yang tersedia di kawasan pantai Ngurbloat. Di liburan kali ini seluruh kamar penuh terisi tamu," katanya.

Wisatawan asal Negara Belanda katanya mendominasi kunjungan dan memilih menginap di homestay yang tersedia.

"Para wisatawan asal Belanda menginap 5 hari satu minggu, secara tidak langsung peningkatan kunjungan memberikan dampak peningkatan pendapatan," katanya.

Ronald menambahkan, kunjungan wisatawan mengalami peningkatan setelah pihaknya menerima penghargaan kategori homestay terbaik di ajang Asean Tourism Award 2023.

"Jumlah kunjungan memang mengalami peningkatan setiap tahun, tetap setelah kita menerima penghargaan di Februari 2023 semakin banyak wisatawan yang datang karena pelayanan yang kami berikan semakin baik ditunjang banyak penghargaan yang telah diraih," ujar Ronald.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023