peningkatannya drastis banget
Palangka Raya (ANTARA) - Ribuan warga dari berbagai daerah mengunjungi wisata Matan Andau yang berada di Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah selama memasuki libur Lebaran 1444 Hijriah 

Marketing Eksekutif Matan Andau Resort Sari Anggraini Safitri di Palangka Raya, Senin mengatakan pengunjung yang yang datang dari hari H lebaran hingga H+1Lebaran ini sudah mencapai 6.000 pengunjung.

"Hari pertama dan kedua Lebaran itu pengunjung sekitar 4.000 orang di tambah pada hari ini sebanyak 2.000 orang jadi totalnya sekitar 6.000 orang pengunjung yang datang," katanya.

Sari menjelaskan, untuk masuk ke lokasi wisata Matan Andau yang menyajikan sejumlah titik foto dan lokasi santai dengan pemandangan yang cukup unik dan bagus para pengunjung hanya merogoh kocek sebesar Rp20 ribu per orang.

Untuk pengunjung anak-anak yang masih berumur di bawah lima tahun, ketika hendak masuk tidak dikenakan tiket masuk melainkan gratis.

"Selain tempat spot foto berlatarbelakang view menarik serta lain sebagainya, di momentum Lebaran ini kami menyediakan live musik serta berbagai kegiatan lainnya sampai pukul 00.00 WIB," katanya.

Baca juga: Pantai Ngurbloat Maluku dikunjungi ribuan wisatawan liburan Lebaran
Baca juga: Pengunjung Taman Safari Bogor meningkat 50 persen saat libur lebaran

Perempuan yang ramah dengan para pengunjung itu juga menuturkan, bahwa pengunjung yang datang tidak hanya dari Kota Palangka Raya saja melainkan dari kabupaten/kota lainnya juga menikmati keindahan wisata yang disuguhkan oleh manajemen matan Andau.

Jumlah pengunjung wisata Matan Andau di momentum Lebaran ini sangatlah drastis dibandingkan hari-hari libur biasanya. Pada hari libur biasanya para pengunjung minimal berjumlah 100-150 orang.

"Ya peningkatannya drastis banget dan masyarakat juga puas dengan keindahan-keindahan alam yang telah kami suguhkan di lokasi wisata ini," ungkapnya.

Sementara itu pula, selain manajemen wisata Matan Andau yang banyak meraup keuntungan dari hasil pengelolaan wisatanya masyarakat di sekitar lokasi yang diberdayakan juga meraup keuntungan yang sama.

Salah satunya pengelolaan parkir, pengelolaan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta lain sebagainya.

"Kebanyakan masyarakat mengetahui lokasi wisata Matan Andau ini melalui media sosial, baik Instagram Facebook dan Tiktok dengan menampilkan view-view lokasi wisata dan sekaligus menunjukkan lokasinya dimana sehingga masyarakat menikmati libur Lebaran di wisata Matan Andau ini," demikian.

Baca juga: Destinasi wisata favorit Lembang alami kenaikan pengunjung 30 persen
Baca juga: Wisata Gunung Galunggung ramai dikunjungi wisatawan saat libur Lebaran

Sementara itu Siswantoro warga Jalan Panenga Raya Kota Palangka Raya yang baru pertama kali menginjakkan kakinya ke lokasi wisata Matan Andau tersebut merasa puas dengan apa yang disuguhkan oleh pengelola Matan Andau.

Ia yang datang bersama calon istrinya itu merasa sangat terhibur  dengan menginjakkan kakinya di lokasi wisata yang selama ini menyuguhkan keindahan alam dan dipoles dengan berbagai view yang menarik dan indah, juga bagus untuk spot foto bersama keluarga.

"Kali ini cukup menarik, ada resort, cafe di tengah hutan bahkan ada bangunan rumah terbalik yang menjadi tempat rebutan foto para pengunjung," bebernya.

 

Pewarta: Adi Wibowo
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023