Sementara sumber ketidakpastian tetap ada, kami pikir jalur ke level 100.000 dolar AS menjadi lebih jelas
London (ANTARA) - Mata uang kripto terkemuka bitcoin dapat mencapai 100.000 dolar AS pada akhir tahun 2024, Standard Chartered mengatakan pada Senin (24/4/2023), menyebutkan bahwa apa yang disebut "musim dingin kripto" telah berakhir.

Bitcoin dapat memperoleh keuntungan dari faktor-faktor termasuk gejolak baru-baru ini di sektor perbankan, stabilisasi aset-aset berisiko karena Federal Reserve AS mengakhiri siklus kenaikan suku bunga dan peningkatan profitabilitas penambangan kripto, kepala riset aset digital Standard Chartered Geoff Kendrick mengatakan dalam sebuah catatan.

"Sementara sumber ketidakpastian tetap ada, kami pikir jalur ke level 100.000 dolar AS menjadi lebih jelas," tulis Kendrick, dikutip dari Reuters.

Bitcoin telah menguat sepanjang tahun ini, naik di atas 30.000 dolar AS pada April untuk pertama kalinya dalam sepuluh bulan. Keuntungannya mewakili pemulihan parsial setelah triliunan dolar dihapus dari sektor kripto pada tahun 2022, karena bank-bank sentral menaikkan suku bunga dan serangkaian perusahaan kripto kolaps.

Prediksi valuasi setinggi langit telah menjadi hal biasa selama reli bitcoin di masa lalu. Seorang analis Citi mengatakan pada November 2020 bahwa bitcoin dapat naik setinggi 318.000 dolar pada akhir tahun 2022. Bitcoin ditutup tahun lalu turun sekitar 65 persen pada 16.500 dolar AS.

Dalam catatan Senin (24/4/2023), Standard Chartered mengatakan bahwa bitcoin mendapat manfaat dari statusnya sebagai "safe haven bermerek, penyimpan nilai relatif yang dirasakan, dan sarana pengiriman uang."

Kendrick mengatakan dukungan Parlemen Eropa terhadap aturan pertama Uni Eropa untuk mengatur pasar aset kripto "seharusnya memberikan penarik" untuk bitcoin.

JPMorgan mengatakan dalam sebuah catatan pada 5 April bahwa perubahan teknis pada blockchain bitcoin pada April 2024, yang dikenal sebagai "halving", dapat meningkatkan harganya dengan membuatnya lebih mahal untuk diproduksi, menyebabkan "efek psikologis positif". ".

JPMorgan mengatakan bahwa harga mata uang kripto telah diuntungkan oleh para penggemar kripto yang menafsirkan krisis perbankan AS baru-baru ini sebagai "pembenaran ekosistem kripto". Pendukung kripto mengatakan stablecoin "kurang rentan untuk dijalankan", kata JPMorgan.

Regulator AS sebelumnya telah memberi tahu bank-bank untuk waspada terhadap risiko likuiditas yang berasal dari simpanan terkait kripto, seperti cadangan stablecoin, yang dapat mengalami arus keluar yang cepat.

Baca juga: CEO Indodax ungkap penyebab harga kripto alami kenaikan
Baca juga: Bitcoin dan Ethereum terpantau naik 30 persen pada awal tahun
Baca juga: Kenaikan harga Bitcoin pompa kapitalisasi pasar kripto keseluruhan

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023