Labuan Bajo (ANTARA) - Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana dan keluarga lepas landas dari Bandara Komodo meninggalkan Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) menuju Kota Surakarta, Jawa Tengah, Selasa siang, pukul 12.34 Wita.

Pesawat Kepresidenan membawa rombongan Presiden Joko Widodo dijadwalkan menuju Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Jokowi dan keluarga berada di Labuan Bajo sejak Sabtu malam (22/4) dan menghabiskan waktu tiga malam di daerah pariwisata super prioritas itu.

Pada hari pertama di Labuan Bajo, Jokowi mengunjungi Gua Batu Cermin dan membeli produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal di sana. Selanjutnya, Minggu sore (23/4), Jokowi dan keluarga menaiki pinisi Ayana Lako Di'a serta menikmati matahari terbenam di sekitar Pulau Bidadari.

Pada Minggu malam, Jokowi membawa keluarganya berjalan-jalan di sekitar Pusat Kuliner Kampung Ujung, Labuan Bajo.

Baca juga: Presiden Jokowi cek Puncak Waringin untuk ASEAN "Summit"

Jokowi dan keluarga pun kembali kembali menaiki pinisi Ayana Lako Di'a untuk mengunjungi Loh Buaya Pulau Rinca pada Senin pagi (24/4).

Selasa, Jokowi bersama Iriana dan cucunya, Jan Ethes, mengunjungi Puncak Waringin Labuan Bajo.

Selain menikmati agenda pribadi bersama keluarga, kunjungan Jokowi ke Labuan Bajo juga untuk mengecek kesiapan daerah itu sebagai tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi ke-42 ASEAN atau ASEAN Summit 2023 yang digelar pada 9-11 Mei mendatang.

Dalam kunjungan ke Labuan Bajo itu, Jokowi didampingi oleh anaknya sekaligus Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming, Selvi Ananda (istri Gibran), Kaesang Pangarep, Erina Gudono (istri Kaesang), Jan Ethes Srinarendra, dan La Lembah Manah.

Baca juga: Gubernur NTT dampingi Presiden cek Puncak Waringin untuk ASEAN Summit
Baca juga: Jokowi meninjau lokasi KTT ASEAN di Labuan Bajo

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023