Semarang (ANTARA) - Gerbang Tol Kalikangkung pada H+2 atau hari kedua setelah Idul Fitri 1444 Hijriah, Selasa, mencatat kenaikan volume kendaraan menuju Jakarta sebesar 66,9 persen.

"Jadi per 24 jam yang lalu ada kenaikan 66,9 persen dari 29.000 sekian kendaraan menjadi 49.000 sekian," kata Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah Komisaris Besar Polisi Agus Suryonugroho di GT Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Selasa.

Pemerintah telah memperlakukan sistem satu arah di mulai dari Gerbang Tol Kalikangkung KM414 di Semarang sampai Tol Jakarta-Cikampek KM72.

Baca juga: 43 ribu kendaraan melintas Kalikangkung sejak pemberlakuan satu arah

Meski mengalami kenaikan volume kendaraan, tidak ada kepadatan di GT Kalikangkung hingga Selasa sore pukul 15.00 WIB

"Artinya bahwa sudah tepat Polda Jateng dan Korlantas melakukan one way arus balik," kata Agus.

Baca juga: GT Kalikangkung lengang pada H+2 Idul Fitri 1444 H

Sistem rekayasa lalu lintas jalan satu arah dari GT Kalikangkung menuju Jakarta via Tol Jakarta-Cikampek awalnya akan diterapkan hanya pada Senin (24/4) pukul 14.45 hingga 00.00 WIB.

Namun, pada Selasa pagi, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengumumkan sistem satu arah diperpanjang hingga Selasa pukul 00.00 WIB.

Baca juga: Jalur satu arah lokal diperpanjang hingga tol dalam Kota Semarang

Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Lisye Octaviana dalam keterangan tertulisnya mengatakan perpanjangan waktu pemberlakuan sistem satu arah tersebut dilakukan atas diskresi pihak kepolisian.

Perpanjangan itu didasarkan pada data volume lalu lintas kendaraan yang meningkat signifikan dari arah timur (Trans Jawa) menuju ke arah Jakarta, serta prediksi peningkatan lalu lintas yang masih akan berlanjut.

PT Jasa Marga mengimbau agar seluruh pengguna jalan selalu berhati-hati dalam berkendara, mematuhi rambu-rambu, dan ikuti arahan petugas di lapangan. Selain itu, juga pastikan kecukupan perbekalan, saldo e-toll, dan bahan bakar minyak sebelum memasuki jalan tol agar perjalanan lebih nyaman.

Baca juga: Rekayasa satu arah dari Kalikangkung ke Cikopo diperpanjang
Baca juga: Gerbang Tol Kalikangkung Semarang bersiap hadapi arus milir ke Jakarta
Baca juga: Muhadjir: Saldo kartu tol Kalikangkung-Cikampek minimal Rp400 ribu

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023