Mentok, Babel (ANTARA) - Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meningkatkan pengawasan dan pelayanan pada sejumlah objek wisata di masa libur Idul Fitri 1444 hijriah.

"Hari ini merupakan hari terakhir cuti bersama dan sejumlah objek wisata juga cukup ramai dikunjungi warga yang ingin memanfaatkan hari libur untuk berwisata," kata Kepala Satuan Polisi Perairan Polres Bangka Barat Iptu Sugiyanto di Mentok, Selasa.

Menurut dia, antusiasme masyarakat untuk mengunjungi sejumlah objek wisata di daerah itu cukup tinggi, bahkan wisatawan bukan hanya dari warga lokal, namun juga warga daerah luar daerah.

Di Kabupaten Bangka Barat terdapat sejumlah objek wisata yang menjadi daya tarik dan selalu ramai dikunjungi wisatawan, antara lain Pesanggrahan Menumbing, Pesanggrahan Mentok dan beberapa objek wisata pantai, seperti Pantai Baturakit, Pantai Tanjungkalian, Pantai Baru, Pantai Asmara, Telukrubiah dan lainnya.

"Kami tugaskan sejumlah personel untuk memantau, mengawasi dan memberikan pelayanan kepada wisatawan di lokasi-lokasi itu agar masyarakat merasa aman, nyaman dan tertib," katanya.

Selain memberikan pelayanan dan pengamanan, para personel juga memberikan imbauan agar wisatawan yang berada di pantai selalu waspada dan berhati-hati saat berenang dengan tidak melebihi batas yang sudah ditentukan.

"Cuaca memang cukup baik, namun kita juga perlu mewaspadai kemungkinan adanya arus yang bisa membahayakan wisatawan saat berenang, kepada para orang tua kami minta terus mendampingi anak-anak saat berenang untuk menghindari kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Kehadiran para personel di tengah masyarakat juga diharapkan bisa meminimalkan kemungkinan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Kami menghimbau agar seluruh wisatawan selalu mengutamakan keselamatan, kami siap membantu masyarakat apabila dibutuhkan," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023