Pangkalpinang (ANTARA) - Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu menyebutkan puncak arus balik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah di Bandara Belitung terjadi pada H+3 atau Selasa.

"Sebagaimana pesan dari Pemerintah Pusat, jika tidak buru-buru, ya, tidak harus pulang cepat, jadi bisa mengatur kepulangan sehingga tidak berdesak-desakan baik itu di bandar udara maupun pelabuhan laut," kata Suganda Pandapotan Pasaribu usai mengunjungi Posko Monitoring Angkutan Udara Pada Masa Mudik Idul Fitri 1444 H di H.A.S. Hanandjoeddin Belitung, Selasa.

Ia menyatakan berdasarkan laporan Executive General Manager (EGM) Angksa Pura II Bandara Internasional H.A.S. Hanandjoeddin, Khaerul Assidiqi melaporkan meskipun jumlah penumpang mengalami peningkatan, namun arus balik cukup lancar.

Dari data Rekapitulasi Pergerakan Angkutan Lebaran 2023 M/ 1444 H diperkirakan puncak arus balik di Bandar Udara H.A.S. Hanandjoeddin Belitung terjadi pada 25 April 2023.

Baca juga: Express Bahari 3 E layani arus balik di pelabuhan Tanjung Pandan

Baca juga: Penumpang arus balik di Pelabuhan Tanjung Pandan capai 398 orang


"Nanti kami diskusi lagi dengan pihak maskapai agar pada momen-momen tertentu seperti hari raya kita harus menambah rute penerbangan," kata Suganda usai menyaksikan langsung pengguna jasa bandara yang padat.

Walau demikian, semua tetap berjalan lancar mengingat adanya perbedaan jadwal hari libur pegawai, anak sekolah, dan pihak lainnya.

"Kalau kita lihat, artinya semua tim berkoordinasi dengan baik. Mudah-mudahan arus balik ini bisa lancar, karena perkiraan hari ini adalah puncak arus balik di Pulau Belitung," ungkapnya.

Ia berharap tidak terjadi hambatan berarti untuk masyarakat, dan juga masyarakat dapat terfasilitasi dengan baik oleh penyedia jasa angkutan.*

Baca juga: Penumpang arus balik di bandara Belitung capai 6.022 orang

Baca juga: Arus balik di Pelabuhan Penyeberangan Tanjung Ru Belitung normal

Pewarta: Aprionis
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023