Istirahat kalau dirasa sudah lelah, jangan memaksakan diri
Jakarta (ANTARA) - Petugas Kepolisian yang bersiaga di Pos Pengamanan di Kalimalang (Jakarta Timur) mengimbau pemilir bersepeda motor yang mulai kembali tetap fokus berkendara saat memasuki wilayah DKI Jakarta agar tidak terjadi kecelakaan.

"Tetap fokus saat berkendara, jangan karena sudah mau sampai di rumah pengendara malah mempercepat laju kendaraannya sehingga terjadi hal yang tidak diinginkan," kata Pengendali Pos Pengamanan (Pos Pam) H
Naman, Kalimalang, Iptu HM Syahril saat ditemui di Jakarta Timur, Selasa.

Syahril mengingatkan para pemilir sepeda motor lebih baik beristirahat jika lelah walaupun perjalanan sudah akan sampai di tempat tujuan.

"Istirahat kalau dirasa sudah lelah, jangan memaksakan diri," katanya.

Baca juga: Arus balik sepeda motor lewat Kalimalang masih landai

Syahril juga mengimbau pemilir yang kembali ke Ibu Kota melalui Kalimalang agar tidak terlalu banyak membawa barang dari kampung halaman demi keselamatan.

Dari pantauan petugas Kepolisian di Pos Pam H Naman, ada pemilir yang menambah benda seperti kayu di belakang motornya agar dapat memuat banyak bawaan. "Dari awal mudik sudah kita imbau tapi mengatur masyarakat tidak mudah," katanya.

Walau begitu, Syahril menyebutkan, sejak awal mudik hingga arus balik saat ini belum terjadi kecelakaan lalu lintas yang fatal.

"Paling hanya senggolan dengan motor lain, untuk korban jiwa (meninggal) belum ada. Jangan sampai ada kalau bisa," katanya.

Baca juga: Malam takbiran, sejumlah pemudik roda dua masih lintasi Kalimalang

Di tempat berbeda, tepatnya di Pos Pengamanan Raden Inten Jakarta Timur, petugas piket Aiptu Dono juga menjelaskan, untuk peristiwa kecelakaan belum ada yang fatal.

"Sampai saat ini belum ada karena kami juga telah menambah rambu-rambu lalu lintas di sepanjang jalan Kalimalang dan melakukan pengaturan dari anggota kami sehingga sampai saat ini masih aman terkendali," katanya.

Dono juga menyebutkan, untuk mudik tahun ini memang relatif sepi jika dibandingkan dengan mudik tahun lalu khususnya pengguna sepeda motor.

Saat ini pun arus balik atau milir bersepeda motor masih sepi. "Masih sepi untuk arus balik, belum ada peningkatan yang signifikan di sekitaran Kalimalang," katanya.
 

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023