Balikpapan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan lima kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami hujan disertai petir dan angin kencang pada Rabu-Kamis (26-27/4), sehingga semua pihak diimbau waspada terhadap dampaknya.

"Dampak dari peristiwa ini antara lain banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin, tanah longsor, dan sejumlah dampak lainnya," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Carolina Meylita Sibarani di Balikpapan, Selasa.

Baca juga: Hujan hingga berawan mendominasi kondisi cuaca di Indonesia

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan ke pihak terkait, termasuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten masing-masing agar dapat dilakukan mitigasi untuk meminimalisasi dampaknya ke masyarakat.

Ia mengemukakan, lima kabupaten tersebut yakni Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Paser, Penajam Paser Utara, dan Mahakam Ulu, sedangkan kabupaten/kota lainnya diprakirakan hujan ringan.

Di Kabupaten Kutai Barat pada Rabu (26/4) sekitar pukul 20.00 Wita, hujan petir berpotensi terjadi di sembilan kecamatan, yakni Kecamatan Sendawar, Long Iram, Muara Pahu, Jempang, Linggang Bigung, Mook Manaar Bulatn, Muara Lawa, Penyinggahan, dan Tering.

Baca juga: Sejumlah wilayah berpotensi diguyur hujan lebat dan angin kencang

Sekitar pukul 23.00 Wita hujan petir berpotensi terjadi di empat kecamatan, yakni Kecamatan Bentian Besar, Bongan, Penyinggahan, dan Siluq Ngurai, sedangkan kecamatan lainnya hujan ringan.

Pada Kamis (27/4) sekitar pukul 02.00 Wita, hujan petir berpotensi terjadi di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Sendawar, Mook Manaar Bulatn, dan Tering, sedangkan kecamatan lainnya hujan ringan.

Di Kabupaten Kutai Kartanegara pada Rabu (26/4) sekitar pukul 20.00 Wita hujan petir berpotensi terjadi di empat kecamatan, yakni Kecamatan Muara Muntai, Tabang, Kenohan, dan Muara Wis. Pada pukul 23.00 Wita hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Muara Muntai dan Muara Wis.

Baca juga: BMKG deteksi 75 titik panas di Kaltim

"Di Kabupaten Mahakam Ulu pada Rabu (26/4) sekitar pukul 17.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Laham dan Long Bagun. Pada pukul 20.00 Wita berpotensi terjadi di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Long Bagun, Laham, dan Long Hubung," kata Carolina.

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023