Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan melaporkan ada 1.083 pemilir sepeda motor yang mengikuti Program Mudik Gratis dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang telah tiba di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Para pemilir tiba sekitar pukul 08.00 WIB, Rabu (26/4), dengan durasi pelayaran selama 16 jam.
 
"Program mudik gratis menggunakan kapal laut ini dapat mengurangi angka kecelakaan pengendara sepeda motor di jalan raya," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Novie Riyanto saat menyambut kedatangan para pemilir sepeda motor gratis di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.
 
Kementerian Perhubungan mencatat ada 418 unit sepeda motor yang digunakan oleh ribuan pemilir tersebut.
 
Novie menuturkan pihaknya mendapat respon yang positif dari para pemilir. Perjalanan kapal laut terasa lebih nyaman, adem, dan bisa istirahat dibandingkan memakai sepeda motor langsung dari Jakarta ke Semarang.
 
"Kami akan melanjutkan program ini karena semakin lama minat warga untuk mengikuti program mudik gratis semakin meningkat," ujarnya.

Baca juga: Pelabuhan Tanjung Priok catat keberangkatan 13.499 penumpang

Baca juga: OP Tanjung Priok prediksi pemudik arus balik hanya meningkat 70 persen

 
Pada mudik 2023, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengadakan empat kali keberangkatan kapal laut untuk peserta mudik gratis sepeda motor, yaitu untuk arus mudik rute Jakarta – Semarang telah diberangkatkan pada 15 dan 17 April 2023 dan untuk arus balik rute Semarang – Jakarta pada 25 dan 28 April 2023.
 
Total kuota dari keempat keberangkatan kapal tersebut sebanyak 10.000 penumpang dan 5.000 sepeda motor.
 
Kapten Kapal Dobonsolo Muhary mengatakan selama pelayaran cuaca tergolong baik hanya ada angin timur yang berhembus. Ombak juga tidak begitu tinggi tidak sampai satu meter, sehingga pelayaran lancar.
 
KM Dobonsolo memiliki fasilitas tempat tidur, kafetaria, klinik, dokter, mushola, ruang musik, ruang filem, hingga akses internet jaringan 4G yang bisa digunakan oleh para penumpang.
 
"Kapal istirahat sehari di Tanjung Priok. Kamis besok, saya kembali melakukan pelayaran ke Semarang untuk mengangkut peserta mudik sepeda motor dan dijadwalkan tiba di sini pada 28 April 2023," kata Muhary.

Baca juga: Pelabuhan Tanjung Priok catat keberangkatan 11.211 penumpang

Baca juga: Pemudik mulai memadati Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta

 

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023