Tidak ada penambahan pasukan, yang ada adalah rotasi
Jakarta (ANTARA) - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda (Laksda) Julius Widjojono menyampaikan penggantian atau rotasi pasukan di Papua, yang telah bertugas selama kurang lebih satu tahun, masih dipersiapkan.

Pasukan terkena rotasi itu mencakup 31 prajurit yang bertugas di Mugi-mam, Kabupaten Nduga, Papua, yang selamat dari baku tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) pada 16 April lalu.

"Tiga puluh satu orang tersebut sudah hampir memasuki satu tahun penugasan. Penggantinya sudah disiapkan. Selanjutnya, (mereka) akan ditarik bersama personel lain yang memasuki (masa tugas) satu tahun," kata Julius saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Rabu.

Meski demikian, Julius belum dapat menyampaikan kapan rotasi akan berlangsung karena tim baru yang akan dikirim ke Papua masih dipersiapkan.

"Kami menunggu kesiapan tim baru, karena masih preparing (persiapan)," tambahnya.

Baca juga: Seorang prajurit TNI masih hilang usai penyerangan KKB di Nduga

Sebelumnya, saat di Timika, Papua, beberapa waktu lalu, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menyampaikan akan ada rotasi pasukan di Bumi Cenderawasih, terutama untuk prajurit yang telah bertugas selama kurang lebih satu tahun.

Yudo menegaskan tidak ada penambahan pasukan dan alat utama sistem persenjataan (alutsista) di Papua setelah insiden baku tembak antara TNI dan KKB di Mugi-mam, Kabupaten Nduga.

"Tidak ada penambahan pasukan, yang ada adalah rotasi, termasuk pasukan ini hampir setahun bertugas. Tentunya, ini akan kami tarik dan rotasi dengan pasukan yang baru," kata Yudo di Lanud Yohanis Kapiyau, Timika, Papua, Selasa (18/4).

Di lokasi yang sama, Yudo mengatakan rotasi itu juga menjadi bentuk penyegaran dan meningkatkan semangat prajurit.

"Tentunya, pasukan yang sudah lama bertugas mungkin moralnya turun, ya kami ganti dengan yang baru," imbuhnya.

Baca juga: Panglima TNI sampaikan belasungkawa gugurnya empat prajurit di Papua

Terkait alutsista, dia juga menegaskan tidak ada penambahan alat-alat berat dan persenjataan. Alutsista yang digunakan untuk operasi di Papua saat ini adalah helikopter untuk mengangkut logistik dan evakuasi medis di daerah-daerah yang lokasinya cukup berat dilalui dengan angkutan darat.

"Kami tidak menambah alutsista, alutsista yang ada untuk angkutan," kata Yudo.

Sementara itu, pengamat militer Institute For Security & Strategic Studies (ISSES) Khairul Fahmi menilai kebijakan Yudo Margono merotasi pasukan yang bertugas di Papua merupakan langkah tepat.

Direktur Eksekutif ISSES itu menjelaskan rotasi pasukan dapat meminimalkan potensi kecerobohan dan kelalaian akibat turunnya kewaspadaan jika masa tugas terlalu lama.

"Concern panglima kemarin itu tidak ada penambahan pasukan, hanya penggantian pasukan, itu saya sepakat, karena penggantian ini yang lebih penting,” kata Khairul Fahmi.

Baca juga: Anggota DPR harap TNI tak terpancing ambil langkah berlebihan di Papua

Menurut dia, rata-rata masa tugas satuan yang ditempatkan di Papua, termasuk Satuan Tugas (Satgas) Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 321/Galuh Taruna, selama hampir satu tahun itu masih terlalu lama.

"Menurut saya, itu terlalu lama durasinya. Harus lebih pendek supaya mereka tetap dalam kondisi waspada, meminimalkan potensi kecerobohan karena kurang waspada, karena mereka merasa sudah familiar dengan medan, paham situasinya; sehingga ada kecenderungan untuk lalai," jelasnya.

Dia menilai masa tugas yang ideal ialah selama enam bulan.

"Saya kira enam bulan, (lalu) diganti. Jadi, mereka tetap dalam kondisi moral dan psikologis yang bagus. Mereka berangkat dalam kondisi prima, pulang juga dalam kondisi yang prima," ujar Khairul Fahmi.

Baca juga: Pengamat nilai kebijakan panglima rotasi pasukan di Papua tepat

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023