Manokwari (ANTARA) - Bupati Manokwari Hermus Indou mendukung pelaksanaan perayaan Paskah Nasional 2023 di ibu kota Provinsi Papua Barat itu pada 4-6 Mei 2023 dengan rencananya dihadiri Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin.

"Saya sudah menerima audiensi dari panitia. Prinsipnya pemda mendukung," kata dia di Manokwari, Rabu.
 
Panitia, kata dia, telah menginformasikan terkait dengan peserta perayaan Paskah Nasional yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.
 
Oleh sebab itu, pemerintah daerah setempat mengajak seluruh komponen masyarakat turut menjaga kamtibmas agar perayaan Paskah Nasional di daerah itu berjalan aman dan lancar.
 
"Manokwari akan menjadi tuan rumah yang baik untuk peserta Paskah Nasional dari luar daerah," ucap dia.

Dia mengatakan perayaan Paskah Nasional 2023 akan dihadiri Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama Jeane Marie Tulung.

Selain itu, Wapres Ma'ruf Amin dijadwalkan turut menghadiri perayaan tersebut di Manokwari.
 
"Mudah-mudahan Pak Wapres tidak berhalangan untuk hadir," ujar Hermus.

Baca juga: Ibadah perayaan Paskah nasional di Poso diikuti belasan ribu jemaat
 
Dia mengharapkan kehadiran Wapres Ma'ruf Amin dapat sekaligus melakukan pencanangan sejumlah proyek strategis nasional tahun 2023-2024, seperti percepatan pembangunan Bandara Rendani Manokwari, alih trase jalan menuju bandara, revitalisasi pasar sentral Sanggeng, dan peningkatan akses jalan.
 
"Wapres sekaligus melakukan 'groundbreaking' (peletakan batu pertama, red.) beberapa proyek strategis di Manokwari," ujar dia.
 
Ia menuturkan pemerintah kabupaten setempat dan Pemerintah Provinsi Papua Barat sudah menyiapkan segala kebutuhan terkait dengan rencana pencanangan proyek tersebut oleh Wapres Ma'ruf Amin.
 
Ia berharap, pencanangan program strategis nasional dapat direalisasikan sesuai ekspektasi masyarakat Kabupaten Manokwari.
 
"Kita berharap semuanya bisa terlaksana dalam kunjungan Bapak Wakil Presiden nantinya," ucap Hermus.

Ketua Umum Panitia Paskah Nasional 2023 Dominggus Mandacan menuturkan panitia pelaksana bersama aras nasional Persekutuan Gereja-Gereja Pentakosta Indonesia (PGPI) sudah menyampaikan rencana perayaan tersebut kepada Dirjen Bimas Kristen Kemenag Jeane Marie Tulung, beberapa waktu lalu.
 
"Panitia akan bekerja menyiapkan rangkaian kegiatan semaksimal mungkin," ujar Dominggus yang juga Kepala Suku Besar Arfak.

Baca juga: Paskah Nasional 2020 bakal dihadiri tokoh agama dunia
​​​​​​​

Pewarta: Fransiskus Salu Weking
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023