Jalur Puncak II merupakan solusi dari macet di jalur utama Puncak, sehingga kami mendorong pemerintah pusat segera merealisasikan pembangunan Puncak II yang sudah masih dalam program pemerintah pusat
Cianjur (ANTARA) - Jalur Puncak II di Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, masih menjadi solusi bagi pemudik dan pengguna jalan untuk terhindar dari macet total di jalur Puncak, sehingga Pemkab Cianjur mendorong pembangunan jalan tersebut.

Bupati Cianjur, Herman Suherman di Cianjur, Rabu, mengatakan macet total hingga belasan jam kembali terjadi pada H+1 dan H+2 Lebaran di jalur Puncak, sehingga puluhan ribu kendaraan terjebak macet, namun tidak di jalur Puncak II yang ramai lancar.

"Jalur Puncak II merupakan solusi dari macet di jalur utama Puncak, sehingga kami mendorong pemerintah pusat segera merealisasikan pembangunan Puncak II yang sudah masih dalam program pemerintah pusat," katanya.

Tidak hanya solusi macet di jalur Puncak, jalur tersebut sebagai penunjang peningkatan angka kunjungan dan perekonomian di Cianjur karena wisatawan dapat dengan mudah dan cepat sampai ke Cianjur termasuk pelaku usaha dapat tepat waktu mengantarkan pesanan.

Setiap akhir pekan terlebih libur panjang, pelaku usaha seperti pemasok sayur mayur, bunga potong dan UMKM yang mendapat pesanan dari Jabodetabek, kerap merugi karena pengiriman terhambat akibat terjebak macet di jalur Puncak.

"Ditambah lagi wisatawan lebih memilih berwisata di wilayah Bogor atau kembali ke daerah asal karena berjam-jam terjebak macet di Puncak. Harapan kami tahun ini, mimpi dibangun-nya jalur Puncak II menjadi nyata, sehingga angka kunjungan meningkat dan perekonomian meningkat," katanya.

Pewarta Antara di jalur Puncak II, melaporkan meski sebagian kecil landasan jalan sudah dibangun Pemkab Cianjur dengan cara bentonisasi namun sebagian besar masih dalam kondisi rusak dengan landasan tanah dan batu, sehingga pengguna jalan yang melintas harus ekstra hati-hati.

Meski sebagian besar landasan jalan masih rusak, namun ribuan kendaraan pemudik dan wisatawan sempat melintas saat macet total terjadi di jalur Puncak pada H+1 dan H+2 lebaran, sehingga jalur tersebut masih menjadi solusi.

Baca juga: DPRD Cianjur dorong pemerintah pusat realisasikan jalur Puncak II

Baca juga: Pemkab Bogor: Kurang 1,5 hektare untuk bangun Jalur Puncak II

Baca juga: Pemkab Cianjur dan Bogor dorong pembangunan jalur Puncak II

 

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023