Mentok, Babel (ANTARA) - Polres Bangka Barat bersama Direktorat Lalu Lintas Polda Kepulauan Bangka Belitung dan Dinas Perhubungan Bangka Barat menyiapkan lima bus untuk membantu warga dari luar daerah yang baru tiba di Pelabuhan Tanjungkalian, Mentok melanjutkan perjalanan menuju tempat tujuan.

"Lima bus ini disiapkan untuk mengangkut penumpang kapal yang baru tiba di Pelabuhan Tanjungkalian untuk diantarkan menuju Kota Pangkalpinang dan Sungailiat," kata Wakapolres Bangka Barat Kompol Andri Eko Setiawan di Mentok, Rabu.

Baca juga: Bangka Tengah fasilitasi 108 pemudik gratis di Pelabuhan Tanjungkalian

Ia menjelaskan, lima bus yang disiapkan Polres Bangka Barat, Polda Babel, dan Dinas Perhubungan Bangka Barat tersebut merupakan implementasi dari program pelayanan antar gratis.

Untuk hari ini, kata dia, disiapkan lima bus yang menjemput para pelaku perjalanan yang baru tiba dari Pulau Sumatera untuk diantarkan ke daerah Sungailiat dan Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Babel, secara gratis.

"Lima bus yang kita siapkan hari ini masing-masing dua unit melayani pelaku perjalanan menuju Sungailiat dan tiga unit menuju Kota Pangkalpinang," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Bangka Barat siapkan terminal penyangga Pelabuhan Tanjungkalian

Menurut dia, program ini merupakan tindak lanjut dari program pelayanan mudik aman dan berkesan yang diusung Polri, dan di Bangka Barat cukup diminati warga.

Fasilitasi yang diberikan kepada masyarakat kali ini cukup diminati para pelaku perjalanan yang baru tiba di Pelabuhan Tanjungkalian, bahkan jika dilakukan sosialisasi terlebih dahulu kemungkinan yang memanfaatkan program terbut bisa mencapai ribuan orang.

Kepala Bagian Pembinaan Operasional Ditlantas Polda Babel AKBP Sarwo Edi mengatakan pelayanan kepada masyarakat ini diberikan untuk masyarakat, khususnya warga dari Sungailiat dan Pangkalpinang untuk diantarkan secara gratis sampai tujuan.

Baca juga: Dishub Babel kerahkan 20 personel di Posko Pelabuhan Tanjungkalian

"Ini upaya kita untuk menyukseskan pelayanan arus balik Idul Fitri 1444 Hijriah, warga cukup antusias dan merasa terbantu dengan adanya program ini," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023