Kediri (ANTARA) - Kapolda Jatim Irjen Toni Harmanto mengunjungi sejumlah pondok pesantren di Kediri, Jatim, silaturahmi sekaligus mengecek kondisi pos pengamanan yang didirikan dalam pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah atau Lebaran 2023.

"Ini kami sambil mengecek pos pengamanan arus mudik dan kebetulan kami juga mampir ke pak kiai dan halal bihalal juga. Nanti kembali lagi sambil melihat arus balik termasuk di pos pengamanan kami yang ada sambil menyemangati anggota pos yang berjaga hampir dua pekan," kata Kapolda Jatim Irjen Toni Harmanto di Kediri, Kamis.

Ia pun menambahkan, Polda Jatim dan jajarannya memfasilitasi balik gratis untuk masyarakat. Ada 127 kendaraan yang disiapkan bagi mereka yang ingin kembali ke daerah tujuannya untuk bekerja.

Ia juga mengatakan, arus mudik dan arus balik selama Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah atau Lebaran 2023 ini relatif terkendali. Beberapa titik yang macet juga dipantau terus.

"InsyaAllah Jawa Timur bisa terkendali. Beberapa sendatan, seperti mengkreng, karena ada jalur kereta api dua rel, satu hari bisa 34 kali (kereta api lewat)," kata dia.

Baca juga: Kapolda Jatim tegaskan arus balik Lebaran terkendali

Baca juga: Kapolda: 19.154 personel gabungan diterjunkan amankan Lebaran di Jatim


Dalam pengamanan arus mudik dan arus balik dalam Hari Raya Idul Fitri 2023 ini, pola yang digunakan adalah memanfaatkan tim urai dan sistem buka tutup. Dengan itu, jika terjadi kemacetan bisa secepatnya diurai, bisa diatasi sehingga arus lalu lintas kembali lancar.

Kapolda dan jajarannya silaturahmi ke tiga pondok pesantren di Kediri, antara lain di Pondok Pesantren Lirbooyo Kota Kediri, kemudian Pondok Pesantren As-Sa'idiyah, Kota Kediri serta Pondok Pesantren Al Falah, Desa Ploso, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri.

Di Pesantren Lirboyo, Kota Kediri, Kapolda Jatim dan jajarannya ditemui oleh pengasuh pesantren yakni K.H. Anwar Manshur. Setelah dialog, kemudian Kapolda melanjutkan perjalanan ke Pesantren As-Sa'idiyah, Kota Kediri dan ditemui oleh K.H. Anwar Iskandar.

Selanjutnya, rombongan melanjutkan perjalanan ke Pesantren Al Falah, Desa Ploso, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri dan ditemui oleh pengasuh juga, K.H. Nurul Huda Djazuli.

Selain jajaran dari Polda Jatim, hadir pula Kapolres Kediri Kota AKBP Teddy Candra, Kapolres Kediri AKBP Agung Setyo Nugroho dan anggota lainnya.

Setelah silaturahmi, rombongan kemudian melanjutkan perjalanan kembali ke Surabaya.

Baca juga: Forkopimda Jatim pantau jalur mudik di Tol Ngawi-Solo

Baca juga: Tol fungsional Jatim saat Lebaran 97,16 km

 

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023