kami lakukan pendataan untuk penduduk yang non-permanen
Jakarta (ANTARA) - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta Budi Awaluddin mengatakan bahwa Ibu Kota masih bisa menampung pendatang baru meski kondisinya sudah "cukup padat" dengan kepadatan mencapai 17.000 jiwa per kilometer persegi.

"Kalau kita lihat kondisinya adalah kepadatan (DKI Jakarta) sudah sampai 17 ribu per kilometer per segi, cukup padat. Daya tampung kita sebenarnya sudah over, kita sedang kaji berapa idealnya," kata Budi di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis.
 
Meskipun begitu, sebelumnya Budi mengatakan bahwa lahan di Ibu Kota masih bisa menampung pendatang baru dengan mempertimbangkan berbagai aspek kelayakan.

"Sebenarnya kondisi apakah DKI masih bisa menampung (pendatang baru), ya masih bisa menampung," kata Budi di Balai Kota DKI. "Cuma, apakah kondisinya saat ini kan kelayakannya (tempat untuk pendatang) layak atau tidak."
 
Dalam kesempatan itu, Budi memprediksi sebanyak 40.000 pendatang baru akan tiba di Ibu Kota usai lebaran 2023. Angka tersebut meningkat 20 persen dari tahun lalu dengan jumlah pendatang baru yang tiba di Ibu Kota usai Lebaran mencapai 27.000.
 
"Perkiraannya kita ada penambahan sekitar 20 sampai 30 persen, jadi perkiraannya dari 36.000 sampai 40.000," kata Budi.
 
Selain itu, Disdukcapil DKI Jakarta juga sedang mendata pendatang baru di Ibu Kota setelah Lebaran 2023 atau mulai 25 April-akhir Mei 2023.
 
"Mulai kemarin hingga satu bulan kami lakukan pendataan untuk penduduk yang non-permanen dan penduduk yang ingin menetap di DKI Jakarta," jelas Budi.
 
Adapun pendatang baru Ibu Kota yang tidak memiliki pekerjaan dan tempat tinggal tidak akan dipulangkan atau diusir dari Jakarta.
 
Namun, jika pendatang tersebut tidak memiliki pekerjaan dan tempat tinggal maka tidak bisa mengurus layanan administrasi di Jakarta karena data tidak dapat masuk ke sistem Dukcapil DKI Jakarta.

Baca juga: Dukcapil DKI sebut belum ada Operasi Yustisi usai Lebaran

Baca juga: Disdukcapil DKI data pendatang baru di Ibu Kota selama sebulan

Baca juga: Dukcapil DKI prediksi 40.000 pendatang baru hadir di Ibu Kota
 

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023