Jadi masyarakat jika melihat adanya kecurangan, maka dapat melaporkannya ke petugas Bawaslu
Palembang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatra Selatan mengajak masyarakat untuk berperan aktif mengikuti tahapan Pemilu 2024.

Ketua KPU Sumsel Amrah Muslimin di Palembang, Kamis, mengatakan keterlibatan dan peran aktif masyarakat dalam setiap tahapan pemilu 2024 sangat diharapkan agar tercipta kualitas pemilihan umum yang lebih baik lagi.

Salah satu bentuk partisipasi masyarakat dalam tahapan pemilu ini, katanya, pada tahapan pemutakhiran data pemilih agar mengecek data dirinya pada aplikasi khusus KPU RI yaitu Info Pemilu dengan memasukkan nama dan nomor induk kependudukan (NIK) pada aplikasi tersebut untuk memastikan bahwa dirinya masuk ke dalam daftar pemilih

Apabila dirinya tidak termasuk dalam daftar pemilih segera melaporkan hal tersebut ke KPU Sumsel agar dapat diperbaiki.

"Sehingga pada penetapan daftar pemilih tetap (DPT) menjadi lebih akurat," katanya.

Selain itu, pada tahapan penghitungan suara itu masyarakat ikut menyaksikan dan mengawasi proses pemungutan dan perhitungan suara dan apabila adanya kecurangan mereka dapat langsung melaporkan hal tersebut ke Bawaslu.

“Kami memberi ruang terbuka untuk masyarakat melihat proses pemungutan dan penghitungan, jadi masyarakat jika melihat adanya kecurangan, maka dia dapat melaporkannya ke petugas Bawaslu,” ucapnya.

Dengan mengawal tahapan tersebut, pada pelaksanaan Pemilu 2024, itu akan berjalan damai, demokratis, jujur dan adil tanpa intimidasi, kata Amrah.

KPU Sumsel telah memutakhirkan data sementara daftar pemilih Pemilu 2024 sebanyak 6,3 juta orang.

Baca juga: KPU RI lakukan simulasi penghitungan suara Pemilu 2024 di Palembang
Baca juga: KPU RI lakukan simulasi penghitungan suara Pemilu 2024 di Palembang

 

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023