Ya gardu itu mengalami kebakaran, namun penyebabnya masih belum bisa diketahui, fokus PLN saat ini melakukan penanganan darurat aliran listrik,"
Bandung (ANTARA News) - Gardu Induk PLN di kawasan Cigereleng Kota Bandung meledak dan mengalami kebakaran sehingga mengakibatkan mati listrik di sejumlah wilayah Kota Kembang, Senin.

Gardu induk yang berlokasi di kawasan Kota Bandung bagian selatan itu menimbulkan kepulan asap tebal di langit Bandung yang mendung sejak sore hari.

Kejadian yang berlangsung pukul 19.15 WIB itu pada malam Tahun Baru 2013 itu, sejumlah pelanggan listrik di Kota Bandung mengalami mati listrik sehingga gelap gulita.

Beberapa kawasan yang mengalami mati listrik adalah di kawasan Jalan M Toha, Jalan Cigereleng, Cibaduyut, Cibeureum, Jl Oto Iskandardinata, Jalan Sudirman, perumahan Natawijaya, Jati Handal, Cibeureum, Cimenyan serta beberapa daerah lainnya mengalami "gelap gulita".

Selain itu, mati listrik juga mengakibatkan sejumlah lampu pengatur lalu lintas atau traffick light tidak berfungsi sehingga mengakibatkan kemacetan seperti di Jalan Cigereleng dan perempatan Jalan M Toha dengan Jalan PETA di kawasan Tegallega.

Sementara itu tim Damkar Kota Bandung mengirimkan 10 unit mobil pemadam kebakaran ke lokasi kejadian yang berlokasi di Jalan M Toha Bandung.

"Yang terbakar adalah satu unit trafo kelas B, di sana ada bahan yang mudah terbakar sejenis oli dalam jumlah besar, sehingga api sulit dijinakan," kata Toto, salah seorang petugas pemadam kebakaran Kota Bandung.

Untuk memadamkan api, tim pemadam menggunakan cairan busa untuk menjinakan api. Hingga pukul 19.55 WIB api belum bisa dijinakkan.

Sementara itu Staf Humas PLN Distribusi Jabar Banten (DJBB) Agus Yuswanta menyebutkan, kebakaran trafo itu terjadi dan mengakibatkan sejumlah daerah mengalami mati listrik.

"Ya gardu itu mengalami kebakaran, namun penyebabnya masih belum bisa diketahui, fokus PLN saat ini melakukan penanganan darurat aliran listrik," kata Agus Yuswanta.

Agus mengakui, di gardu yang terbakar itu ada bahan kimia dan oli yang sebelumnya menjadi alat untuk mendinginkan trafo.

(S033/Y008)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2012