Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Sebanyak 3.524 tiket kereta api tersisa untuk angkutan arus balik Lebaran di sejumlah stasiun wilayah kerja PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 9 Jember, Jawa Timur hingga 2 Mei 2023.

"Ketersediaan tempat duduk untuk kereta api keberangkatan dari Daop 9 Jember pada arus balik hingga tanggal 2 Mei 2023 masih ada sebanyak 3.254 kursi dengan rincian 345 tempat duduk pada Senin (1/5) dan sisanya 2.909 tempat duduk pada Selasa (2/5)," kata Plt Manager Hukum dan Humas PT KAI Daop 9 Azhar Zaki Assjari di Kabupaten Jember, Jumat.

Menurut dia,  puncak arus balik penumpang kereta api di Daop 9 Jember telah terjadi pada Selasa (25/4) dengan total penumpang yang diangkut sebanyak 10.813 orang.

"Meski demikian penumpang yang menggunakan angkutan kereta api saat arus balik masih cukup ramai di stasiun, selama empat hari arus balik rata-rata masih di atas 10 ribu penumpang," tuturnya.

Ia mengatakan animo masyarakat untuk menggunakan kereta api masih cukup tinggi sebagai moda transportasi untuk angkutan Lebaran 2023 karena berdasarkan data KAI pada Jumat pagi merupakan hari kelima arus balik dan tercatat 9.231 tiket terjual untuk keberangkatan kereta api di wilayah Daop 9 Jember.

Baca juga: Puncak arus balik di sejumlah stasiun KA wilayah Daops 9 Jember

"Berdasarkan tren penumpang harian selama arus balik, kemungkinan keramaian penumpang masih akan terjadi hingga tanggal 2 Mei 2023 yang merupakan akhir masa posko Angkutan Lebaran 2023," ujarnya.

Azhar menjelaskan anak-anak sekolah baru mulai masuk pada tanggal 2 Mei 2023 dan ditambah dengan adanya imbauan dari pemerintah untuk menunda balik maupun melakukan work from home (WFH) bagi ASN guna mengurai penumpukan penumpang selama libur lebaran pada tanggal-tanggal tertentu.

"Bagi para penumpang yang akan naik kereta api diimbau untuk meluangkan waktu datang lebih awal ke stasiun, guna menghindari kemungkinan tertinggal dari kereta api yang akan dinaiki nya," katanya.

Ia berharap para penumpang merencanakan perjalanan balik ke tempat tinggalnya usai bersilaturahmi saat Lebaran dengan menggunakan kereta api sebaik mungkin, agar nyaman dan berkesan sampai di tujuan.

Baca juga: Penumpang KA arus balik meningkat di Daop 9 Jember

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023