Moskow (ANTARA) - Rusia menyerukan kedua pihak yang berkonflik di Sudan untuk mencapai konsensus nasional dan mulai bekerja sama, kata Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Mikhail Bogdanov seperti yang disiarkan oleh saluran televisi RT pada Kamis (27/4).

Rusia dan Sudan selalu memiliki hubungan yang harmonis, tegas Bogdanov yang juga merupakan utusan khusus kepresidenan untuk kawasan Timur Tengah dan Afrika.

"Menteri kami (Menlu Sergey Lavrov) pernah mengunjungi Khartoum (ibu kota Sudan). Kami memiliki hubungan yang baik dalam hal komunikasi, pertemuan, dan negosiasi baik dengan menlu maupun otoritas militer di sana," ujar Bogdanov.

Terkait situasi saat ini, Bogdanov mengatakan "Kami selalu mendukung konsensus nasional dan kerja sama antara berbagai pihak di Sudan, baik itu militer maupun sipil."

Situasi di Sudan memanas menyusul perbedaan pendapat antara Panglima Militer Sudan Abdel Fattah al-Burhan dan pemimpin paramiliter Pasukan Pendukung Cepat (RSF) Mohammed Hamdan Dagalo. Keduanya merupakan pasangan kepala dan wakil kepala Pemerintahan Transisi Sudan.

Pada 15 April, bentrokan antara kedua belah pihak pecah di dekat sebuah pangkalan militer di Merowe dan ibu kota Khartoum. Menurut Kementerian Kesehatan Sudan, konflik di negara tersebut telah merenggut lebih dari 600 jiwa.

Sementara itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan sebanyak 450 orang tewas, dan lebih dari 4.000 orang lainnya terluka akibat konflik tersebut.

Ribuan warga negara asing telah dievakuasi dari Sudan dalam beberapa hari terakhir. Beberapa negara seperti Spanyol, Italia, Belanda, dan Prancis bahkan memutuskan untuk menutup kedutaan besar mereka di Khartoum.

Namun, banyak negara yang lebih memilih untuk sekadar mengurangi kehadiran diplomatiknya atau memindahkan perwakilannya ke negara-negara sekitar Sudan.

Sumber: TASS-OANA
Baca juga: Diplomat Rusia: Pihak asing coba percepat reformasi militer Sudan
Baca juga: Menlu Rusia Sergey Lavrov tiba di Sudan untuk kunjungan kerja
Baca juga: Dubes Rusia untuk Sudan ditemukan meninggal di rumahnya
​​​​​​​

Penerjemah: Tegar Nurfitra
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023