Montevideo (ANTARA) - Menteri Budaya, Olahraga, dan Pariwisata Vietnam Nguyen Van Hung dan Menteri Olahraga Uruguay Sebastian Bauza sepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang olahraga dan menugaskan unit terkait untuk menyiapkan penandatangan perjanjian kerja sama.

Kesepakatan tersebut dicapai dalam sebuah rapat kerja di ibu kota Montevideo pada 27 April (waktu setempat) yang merupakan bagian dari rangkaian kunjungan resmi Ketua DPR Vietnam Vuong Dinh Hue ke Uruguay.

Dalam rapat tersebut, Menteri Hung, yang juga menjabat sebagai Presiden Komite Olimpiade Vietnam, menyampaikan apresiasi atas prestasi olahraga Uruguay di bawah kepemimpinan Bauza.

Menteri Hung memuji Uruguay sebagai negara sepakbola yang kuat, mengingat negara Amerika Latin tersebut masih menjadi pemegang gelar juara Copa America terbanyak dengan raihan 15 piala dan berhasil meraih posisi keempat dalam gelaran Piala Dunia FIFA 2010 di Afrika Selatan.

Dengan segudang prestasi tersebut, Menteri Hung berharap bahwa Uruguay akan membantu Vietnam dalam mengembangkan sepakbola yang merupakan salah satu olahraga terpopuler di negara Asia Tenggara tersebut.

Menteri Bauza, yang juga merupakan Presiden Asosiasi Sepakbola Uruguay (AUF) menyambut baik pernyataan dan ekspektasi Hung.

Bauza mengatakan bahwa ia siap untuk berkunjung ke Vietnam guna memantau infrastruktur dan fasilitas olahraga, serta mengirim sejumlah ahli sepakbola Uruguay untuk melatih pesepakbola Vietnam atau menerima kedatangan tim-tim muda sepakbola Vietnam di negaranya untuk menjalani pelatihan dan mengikuti kompetisi.

Sumber: VNA-OANA

Baca juga: Wakil Menlu Vietnam temui Menlu Argentina
Baca juga: Vietnam desak perbankan bantu bisnis percepat pemulihan ekonomi
Baca juga: Vietnam tolak larangan China menangkap ikan di Laut China Selatan

Penerjemah: Tegar Nurfitra
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2023