Kami mengapresiasi kepada pemudik yang telah sabar menunggu dan kooperatif saat mengantre di pelabuhan maupun jalan tol
Jakarta (ANTARA) - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi mengapresiasi kepedulian warga untuk tertib mengantre baik di jalan tol maupun penyeberangan di pelabuhan, sehingga pelaksanaan Mudik dan Milir Lebaran Idul Fitri 2023 berjalan lancar.

"Kami mengapresiasi kepada pemudik yang telah sabar menunggu dan kooperatif saat mengantre di pelabuhan maupun jalan tol," kata Firman dalam keterangannya di Jakarta.

Hal ini disampaikan Firman saat mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau kondisi arus milir Lebaran 2023 di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Jumat siang.

Baca juga: 328.213 kendaraan kembali Jakarta lewat Tol Transjawa

Baca juga: PT KAI sebut arus balik di Daop 2 berkurang namun masih ramai


Menurut Firman, pelaksanaan mudik tahun ini berjalan dengan baik, kondusif dan tidak terjadi kejadian menonjol yang signifikan menghambat kelancaran arus mudik dan milir baik di jalur darat maupun laut dan udara.

Rekayasa lalu lintas di jalan tol dan juga arteri, kata Firman, membantu meminimalisasi bangkitan arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan tol yang menjadi jalur pemudik maupun pemilir.

"Dari rekayasa lalu lintas yang dilakukan petugas kepolisian sampai saat ini masih berjalan dengan baik," ucap Firman.

Korlantas Polri telah menghentikan rekayasa lalu lintas sistem satu arah (one way) dari KM 414 Kalingkangkung, Semarang menuju KM 72 Tol Jakarta-Cikampek lebih awal dari perkiraan, yakni dari pukul 24.00 WIB menjadi pukul 23.00 WIB, pada Kamis (27/4).

Baca juga: Jumlah pemudik balik di Stasiun Gambir melandai pada H+6 Lebaran

Pengaturan arus lalu lintas di ruas jalan tol dan arteri yang menjadi jalur perlintasan pemilir dipercayakan kepada Polda wilayah, seperti Polda Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Hingga saat ini, arus lalu lintas di ruas jalan tol yang menjadi jalur lintas mudik berlaku normal, tidak ada satu arah maupun contraflow.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023