Jakarta (ANTARA) -
Paparan air dingin dikatakan memiliki beberapa manfaat untuk mental dan fisik. Ini dapat membantu mereka yang berjuang melawan stres, depresi, dan kekurangan energi.
 
Terapi air dingin, yang juga dikenal sebagai hidroterapi, dilakukan dengan berendam ke dalam air yang memiliki suhu tidak lebih dari 15 derajat Celcius.
 
Meskipun bersentuhan dengan air yang sangat dingin dapat memberikan serangan panik pada awalnya, tubuh dapat segera menyesuaikan diri.
 
Sebuah laporan yang diterbitkan di New York Times menunjukkan bahwa terapi air dingin membantu mengatur ulang kimia otak. Metode ini memanfaatkan dopamin kimia otak yang menyenangkan dan mengurangi kadar kortisol (hormon stres), yang meredakan stres.

Baca juga: Minum air dingin bikin gemuk, mitos atau fakta?
 
Berikut beberapa manfaat terapi air dingin yang diterbitkan Medical Daily pada Jumat.
 
1. Mengurangi peradangan.
 
Metode ini telah terbukti mengurangi peradangan dalam tubuh, yang membalikkan segala jenis rasa sakit dan menenangkan otot. Ini karena syok dingin menurunkan kadar interleukin 1 beta (IL-1β) , molekul pemberi sinyal yang memicu peradangan.
 
2. Meningkatkan sirkulasi
 
Teknik ini meningkatkan sirkulasi darah dengan menyempitkan pembuluh darah dan mengeluarkan sisa metabolisme, sehingga memasok jaringan otot dengan darah segar yang kaya oksigen.

Baca juga: Ahli: Konsumsi air dingin tak berpengaruh pada besar tubuh bayi
 
3. Meningkatkan energi
 
Air dingin dapat menyebabkan pelepasan adrenalin, yang meningkatkan tingkat energi. Ini juga mengarah pada peningkatan kejernihan dan fokus mental dan dapat membantu memerangi kelelahan.
 
4. Meningkatkan sistem kekebalan
 
Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam jurnal Plos One menunjukkan bahwa air dingin berdampak positif pada kekebalan. Paparan air dingin menawarkan kekebalan yang lebih baik daripada yang lain.
 
Ada beberapa risiko yang terkait dengan paparan air dingin, termasuk hipotermia, aritmia, dan serangan jantung. Oleh karena itu, penting untuk menjaga sesi terapi dingin Anda singkat dan mengikuti panduan medis yang tepat sebelum memilihnya.
 
Perlu diingat, mandi air dingin tidak boleh lebih dari 15 menit, kata John Gallucci , koordinator medis Major League Soccer, menurut Everyday Health.

Baca juga: Kompres demam menggunakan air hangat atau dingin?

Baca juga: Sebaiknya mandi air dingin atau hangat usai berolahraga?

Baca juga: Manfaat mandi air hangat bagi kesehatan

 

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023