penanganan dilakukan baik dari sisi pengaturan operasional KA maupun prasarana jalur, KAI juga berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mempercepat proses perbaikan
Bandarlampung (ANTARA) - PT KAI Divre IV Tanjungkarang, Lampung, hingga kini masih berupaya melakukan normalisasi jalur kereta api yang ambles pada km 206+0/2 petak jalur antara Gilas - Sepancar pada Jumat (28/4).

"Saat ini kami terus berupaya melakukan normalisasi jalur guna memulihkan perjalanan kereta api di lokasi amblesan tersebut, penanganan dilakukan baik dari sisi pengaturan operasional KA maupun prasarana jalur, KAI juga berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mempercepat proses perbaikan," kata Pelaksana Harian Manager Humas Divre IV Tanjungkarang M Reza Fahlepi di Bandarlampung, Sabtu.

Dia menerangkan bahwa sebelumnya penanganan normalisasi jalur sudah selesai dilakukan dan telah diujicobakan perjalanan KA untuk melintasi jalur hilir tersebut dengan kecepatan terbatas. Namun, lokasi amblesan tersebut kembali diguyur hujan cukup deras dini hari tadi.

"Sehingga jalur kembali ambles dan menghambat penanganan," kata dia.

Reza mengungkapkan bahwa normalisasi jalur KA yang sedang ditangani kini sedang dalam tahap menguatkan fondasi, menambah batu balas/kricak, memadatkan jalur KA dengan menggunakan alat berat serta melakukan penambahan jumlah personil di lokasi amblesan.

"Maka dengan pertimbangan keselamatan dan keamanan perjalanan KA serta para calon penumpang, untuk hari ini pun terdapat beberapa perjalanan KA dibatalkan," kata dia.

Dia menyebutkan bahwa secara keseluruhan di seluruh stasiun dari Jumat (28/4) sudah ada 3.500 calon penumpang yang telah mengembalikan tiket perjalanan KA, dan untuk di Stasiun Tanjungkarang saja tercatat 1.004 orang sudah melakukan refund.

"Tentunya sekali lagi kami memohon maaf kepada seluruh calon penumpang KA, dan berharap segera melakukan pengembalian tiket," kata dia.

Adapun perjalanan KA yang dibatalkan karena adanya jalur ambles yakni Kuala Stabas (S6) Relasi Tanjungkarang-Baturaja keberangkatan dari Stasiun Tanjungkarang pukul 06.30 WIB, KA Kuala Stabas (S5) relasi Baturaja-Tanjungkarang keberangkatan dari Stasiun Baturaja pukul 06.30 WIB, KA Ekspres Rajabasa (S12) relasi Tanjungkarang-Kertapati keberangkatan dari Stasiun Tanjungkarang pukul 08.30 WIB dan KA Ekspres Rajabasa (S11) relasi Kertapati-Tanjungkarang keberangkatan dari Stasiun Kertapati pukul 08.30 WIB.

“Sedangkan untuk perjalanan KA Kuala Stabas (S8) Relasi Tanjungkarang-Baturaja keberangkatan dari St. Tanjungkarang pukul 13.30 WIB dan KA Kuala Stabas (S7) relasi Baturaja-Tanjungkarang keberangkatan dari Stasiun Baturaja pukul 14.00 WIB akan kami info kan lebih lanjut,” katanya.


Baca juga: KAI Tanjungkarang: Sejumlah langkah disiapkan pada angkutan Lebaran
Baca juga: KAI Tanjungkarang: Dua KA Babaranjang bertabrakan sudah dievakuasi
Baca juga: Penghentian operasi KA Lampung-Sumsel diperpanjang sampai akhir Juni

 

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023