Alat itu rencana datang malam ini jam delapan, mudah-mudahan dalam 2-3 hari bisa selesai dipasang karena pemasangan rumit
Labuan Bajo (ANTARA) - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memantau kesiapan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Komodo sebagai salah satu rumah sakit rujukan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

"Aku datang ke sini untuk memastikan alat dan fasilitasnya siap," kata Menkes Budi Gunadi di hadapan wartawan usai meninjau RSUD Komodo, Labuan Bajo, Ahad siang.

Menkes didampingi Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi dan Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng masuk dari satu ruangan ke ruangan lain, baik di lantai satu hingga lantai empat, untuk melihat progres pembangunan RSUD Komodo Labuan Bajo.

RSUD Komodo merupakan salah satu Rumah Sakit (RS) rujukan penanganan pasien VVIP pada KTT ASEAN di Labuan Bajo.

Menurut Menkes, ada beberapa ruangan yang perlu dirapikan termasuk persiapan alat dan fasilitas pendukungnya. Namun dia menyebut peralatan rumah sakit itu akan tiba hari ini untuk mulai dipasang.

"Meubeler-meubeler buat daerah penerimaan katanya hari ini datang, mulai dipasang," ujar Menkes Budi Gunadi Sadikin.

Baca juga: Kemenkes tunjuk RSUD Komodo Labuan Bajo jadi RS Rujukan ASEAN Summit

Dalam kesempatan itu ia juga sempat mengunjungi laboratorium kateterisasi jantung yang menjadi ruangan khusus untuk penyakit jantung dan stroke. Menkes Budi menyebut ruangan tersebut memiliki peralatan yang canggih dengan tingkat radiasi tinggi, yang hanya bisa dioperasikan oleh dokter spesialis dengan pendidikan khusus.

Keberadaan ruangan dengan fasilitas di dalamnya, kata Menkes Budi, dapat membantu para tamu dan masyarakat yang terkena serangan jantung dan stroke.

"Alat itu rencana datang malam ini jam delapan, mudah-mudahan dalam 2-3 hari bisa selesai dipasang karena pemasangan rumit," ucap Menkes Budi.

Dalam kunjungan tersebut Menkes Budi terlibat dalam diskusi dengan para pekerja. Dia meminta mereka untuk bekerja 24 jam dan menyebut akan melakukan kunjungan serupa minggu depan.

"(alat-alat) bukan hanya untuk acara (KTT ASEAN) saja. Selain melayani tamu, masyarakat juga terlayani," ungkap Menkes Budi.

Setelah mengunjungi RSUD Komodo selama lebih kurang satu jam, Menkes Budi juga mengunjung RS Siloam yang juga menjadi salah satu RS rujukan.

Selain dua rumah sakit itu, RSU Santo Yosep di Labuan Bajo juga ditunjuk menjadi RS rujukan pada KTT ASEAN Penunjukan yang sama juga diberikan untuk RSUP dr Wahidin Sudirohusodo di Makassar dan RSUP Prof dr Nggoerah I G N G Ngoerah di Bali.

Baca juga: Komisi IX DPR: RSUD Komodo di NTT dipersiapkan jadi RS internasional

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023