Jakarta (ANTARA News) - Linux menyesuaikan sistem operasi Ubuntu, agar juga bisa dijalankan di smartphone.

Perangkat lunak itu membuat para pengguna bisa menjalankan aplikasi komputer ke dalam telepon genggam mereka dan memungkinkan dihubungkan dengan monitor.

Menurut laman BBC, rencananya Ubuntu untuk smartphone tersebut akan rilis pertama kali di Samsung Galaxy Nexus, menggantikan sistem operasi Android.

Perancang Ubuntu, Mark Shuttleworth mengatakan dirinya telah melakukan pembicaraan dengan beberapa produsen untuk menjual smartphone dengan sistem operasi itu pada tahun ini.

Biarpun begitu, dia mengakui bahwa kemungkinan pengguna awalnya akan terbatas pada orang yang hobi atau menggemari saja.

"Ini saat yang  luar biasa di saat kemampuan telepon genggam bisa melampaui kemampuan  laptop," kata Shuttleworth.

"Kami memanfaatkan peluang itu dan untuk  pertama kalinya dalam sejarah, kita bisa memiliki platform komputer di dalam telepon genggam,"

"Saya sangat  yakin tiga sampai lima tahun ke depan  ada transisi  dan Apple juga akan mengarah ke sana...jika bukan di Windows 9 maka Windows 10, Microsoft akan menyatukan telepon dan laptop menjadi satu perangkat," tambahnya.

Smartphone dengan Ubuntu akan dipertunjukkan ke khalayak umum pada Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas, minggu depan.

(lod)

Penerjemah: M Baghendra Lodra
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013