Pati (ANTARA) - Tim Satgas Operasi Ketupat 2023 Mabes Polri melakukan pemantauan pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2023 di Pos Pengamanan (Pospam) Puri Polresta Pati, Jawa Tengah, dengan kondisi arus lalu lintas lancar, termasuk di daerah lain di Provinsi Jateng.

"Secara umum kondisi arus lalu lintas di wilayah Jateng lancar, bahkan, puncak arus balik di jalur lalu lintas utara dan selatan juga lancar, tanpa ada kepadatan yang signifikan.," kata Asisten Operasi Kapolri Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi saat memantau pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2023 di Pospam Puri Polresta Pati, Minggu.

Ia berharap kondisi tersebut dapat berlangsung sampai ke Jakarta tetap lancar, apalagi pada hari Minggu (30/4) masih diberlakukan jalur satu arah dari Kalikangkung ke Jakarta, juga berjalan lancar.

"Semoga ini memperlancar saudara-saudara kita yang sudah merayakan Lebaran di kampung halaman dan kembali ke Jakarta," ujarnya.

Ia mengatakan pihaknya juga terus mengalkulasi dan mengevaluasi tingkat kecelakaan yang terjadi selama empat belas hari hingga 1 Mei 2023.

"Tingkat kecelakaan lalulintas selama operasi ketupat ini akan menjadi bahan evaluasi kami. Sebagaimana di Kabupaten Pati ini tingkat kecelakaan cukup menonjol dan kematiannya meningkat. Ini yang perlu kami antisipasi pada masa yang akan datang, nantinya kita ajak masyarakat untuk mencegah terjadinya kecelakaan," ujarnya.

Pada kesempatan itu Satgas Operasi Ketupat 2023 Mabes Polri ini juga menyerahkan bingkisan kepada tukang becak, serta warga kurang mampu ekonominya.

Ia juga berterima kasih atas kerja sama masyarakat yang berempati satu dengan yang lain karena diperlukan penggunaan jalur di dalam tol dan di luar tol bisa berjalan dengan baik.

"Secara keseluruhan bagaimana kita rasakan dan dilihat bersama bahwa arus mudik lancar baik dan kemudian masyarakat tertata dengan baik dalam arus mudik maupun arus balik di akhir liburan ini," ujarnya.
 

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023