Makassar (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, menyambut kedatangan para WNI asal Sulsel yang telah dievakuasi dari negara Sudan.

Para warga Sulsel yang telah tiba dengan selamat di Makassar ini berjumlah 16 orang untuk evakuasi tahap pertama ini. Dari 16 orang itu, lima di antaranya telah kembali ke keluarganya.

"Alhamdulillah, 16 warga negara Indonesia (WNI) asal Sulawesi Selatan sudah tiba di Indonesia. 11 orang di antaranya telah kami terima di Rujab (Rumah Jabatan). lima orang lainnya telah diserahkan kepada keluarga," kata Andi Sudirman dalam keterangannya di Makassar, Senin.

Dirinya menjelaskan, Pemprov Sulsel terus berkoordinasi dengan Kemlu untuk proses evakuasi selanjutnya bagi warga Sulsel.

Sebelum keberangkatan ke Makassar, para warga asal Sulsel ini telah melakukan pengecekan kesehatan.

"Kami terus berkoordinasi dengan Kemlu termasuk memonitor yang sedang dievakuasi di Jeddah," ujarnya.

"Kita harap semua bersabar dan tidak membuat atau mengatasnamakan kelompok-kelompok untuk isu-isu liar dan mendoakan agar semua proses oleh Pemerintah dapat berjalan lancar," katanya, menambahkan.

Usai evakuasi warga, kata dia, Pemprov Sulsel akan terus memantau termasuk menyembuhkan trauma.

Sementara itu, para WNI asal Sulsel yang dievakuasi dari Sudan, beberapa di antaranya ada yang menjalani pendidikan dan ada pula pekerja.

Salah satunya adalah Ainun, yang menempuh pendidikan di International University Of Africa di Sudan.

"Masya Allah, bisa diterima sama pak Gubernur. Pelayanan dari Jakarta sampai tiba di Sulsel sangat baik, kami betul-betul diperhatikan keselamatan sampai di rumah. Terima kasih Pak Gubernur," ucap Ainun.

Baca juga: Evakuasi tahap 2 pulangkan 363 WNI dari Sudan
Baca juga: Pekan ketiga perang di Sudan, serangan udara terdengar di Khartoum
Baca juga: Garuda evakuasi WNI di Sudan jalankan mandat sebagai maskapai nasional

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023