Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Indonesia akan memprioritaskan penguatan pilar sosial budaya (sosbud) kawasan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) bulan ini.

"Selain mengedepankan Pilar Epicentrum of Growth dalam Keketuaan Indonesia 2023, kita juga turut menguatkan Pilar Sosial Budaya ASEAN secara umum,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah dalam keterangan tim komunikasi dan media KTT ASEAN 2023 pada Selasa.

Faizasyah menyebutkan penguatan kerja sama pelindungan pekerja migran, arsitektur kesehatan kawasan, dan peningkatan pembangunan kawasan perdesaan menjadi prioritas deliverables Indonesia dalam KTT ke-42 ASEAN 2023 yang akan diselenggarakan di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 9-11 Mei.

Staf Khusus Hubungan Luar Negeri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Kusnanto Anggoro, saat memimpin pertemuan Pejabat Tinggi Pilar Sosial Budaya (SOCA) ke-34 pada April lalu, mengungkapkan bahwa seluruh negara anggota ASEAN menyambut baik dan sepakat mendorong percepatan proses penyampaian hasil (deliverables) Indonesia dalam Pilar Sosial Budaya ASEAN.

Baca juga: Indonesia siapkan media center KTT Ke-42 ASEAN di Hotel Bintang Flores

Dalam pertemuan SOCA ke-34 itu, isu pengarusutamaan disabilitas dan peningkatan peran pemuda juga mendapatkan perhatian lebih.

"Pertemuan itu mengapresiasi terselenggaranya ASEAN Youth Dialogue 2023 di Jakarta dan mengharapkan inisiatif terus dikembangkan, serta mencatat rencana penyelenggaraan Dialog Tingkat Tinggi terkait Isu Disabilitas," kata Kusnanto.

Indonesia juga turut mengangkat dukungan pembekalan Timor Leste menjadi anggota ASEAN, termasuk melalui program magang aparatur sipil negara (ASN) Timor Leste pada kementerian/lembaga di Indonesia sebagai bentuk komitmen Indonesia dalam meningkatkan kapasitas Timor Leste.

Pertemuan SOCA adalah pertemuan Pejabat Tinggi Pilar Sosial Budaya ASEAN yang dilakukan dua kali dalam satu tahun untuk membahas berbagai isu lintas sektor. Tahun ini, Indonesia menjadi ketua pertemuan tersebut.

Pertemuan tingkat menteri ASEAN untuk Pilar Sosial Budaya (ASCC Council) akan diselenggarakan 3 Mei esok di Bali dan akan dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang PMK RI selaku Ketua ASCC Council 2023.

Baca juga: Menteri PUPR: Infrastruktur untuk ASEAN Summit Labuan Bajo sudah siap

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023