Labuan Bajo (ANTARA) - Sebanyak lima Ibu Negara yang menjadi pasangan dari kepala negara ASEAN terkonfirmasi mengikuti Spouse Program dalam Konferensi Tingkat Tinggi ke-42 ASEAN/ASEAN Summit pada 10 Mei 2023 di Puncak Waringin, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

"Satu saja agenda Spouse Program itu yakni Morning Tea, untuk sementara lima kepala negara yang sudah konfirmasi ikut, tapi nama negara-nya masih dicek lagi," kata Sekretaris Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Sumiati dalam Kunjungan Jurnalistik Persiapan KTT ke-42 ASEAN Kementerian Kominfo di Puncak Waringin, Labuan Bajo, Selasa.

Infrastruktur bangunan Puncak Waringin di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur disiapkan menjadi tempat Spouse Program, kegiatan bagi pasangan para kepala negara ASEAN yang hadir dalam ASEAN Summit. Kegiatan itu dijadwalkan berlangsung pada 10 Mei 2023 pukul 08.00 WITA.

Sesuai rencana, pasangan dari para kepala negara akan disambut di depan halaman kawasan Puncak Waringin lalu berjalan di atas karpet merah menuju ke dalam kawasan. Di area dalam kawasan Puncak Waringin, isteri dari para kepala negara tersebut akan melihat pameran UMKM seperti tenun, kopi, dan kelor.

Selain itu, ada pertunjukan tari dan musik yang akan disajikan di area halaman dalam kawasan Puncak Waringin. Setelah menikmati tari-tarian dan musik yang dipertunjukkan di halaman area dalam Puncak Waringin, peserta Spouse Program akan menaiki buggy car untuk naik menuju ke bangunan atas Puncak Waringin.

Di atas, isteri dari para delegasi itu akan menikmati morning tea dan family photo. "Acaranya kurang lebih satu jam dan itu tertutup. Hanya host saja yang bisa foto di sini," ucap Sumiati.

Sebanyak 26 jurnalis media nasional dan lokal terlibat dalam Kunjungan Jurnalistik Persiapan KTT ke-42 ASEAN Kementerian Kominfo di Labuan Bajo.

Kunjungan Jurnalistik ke beberapa titik dalam KTT ke-42 ASEAN itu bertujuan untuk meningkatkan penyebaran informasi terkait kesiapan penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo.

Tujuan lainnya yakni mendorong partisipasi aktif jurnalis lokal dan nasional dalam mendiseminasikan informasi positif terkait KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo.

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023