Ada soal perbaikan kinerja, kekompakan, dan teamwork, jadi tiga kata kunci ini.....
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan tiga pesan penting kepada pengurus baru Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), yakni kekompakan, kerja sama tim (teamwork), dan perbaikan kinerja.

"Ada soal perbaikan kinerja, kekompakan, dan teamwork, jadi tiga kata kunci ini yang disampaikan oleh Bapak Menteri PUPR," ujar Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja, di Jakarta, Selasa.

Endra juga mengatakan bahwa sejumlah Pengurus BPJT baru yang dilantik pada Selasa (2/5), antara lain Kepala BPJT merangkap sebagai perwakilan pemerintah, yakni Miftachul Munir yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Sistem dan Strategi Penyelenggaraan Jalan dan Jembatan Direktorat Jenderal Bina Marga.

Kedua adalah R Sony Sulaksono Wibowo sebagai anggota BPJT dari unsur profesi. Sony merupakan pakar transportasi dari ITB.

Ketiga adalah Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi sebagai anggota BPJT dari unsur masyarakat.

"Khusus kepada Bapak Tulus Abadi, Bapak Menteri PUPR berpesan agar bisa menjamin pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) jalan tol mengingat Tulus Abadi menjabat sebagai anggota BPJT dari unsur masyarakat," kata Endra.

Dia menambahkan bahwa pengguna jalan tol dan lainnya harus menjadi perhatian dari BPJT sebagai regulator. Artinya Tulus Abadi diminta untuk memastikan pemenuhan SPM jalan tol oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Selain itu, Menteri PUPR juga melantik Sekretaris BPJT yang baru, yakni Apri Artoto dari Direktorat Jenderal Bina Marga.

Menurut Endra, pelantikan sejumlah pengurus baru BPJT tersebut berbarengan dengan pelantikan pejabat eselon 2 dan 3 Kementerian PUPR lain yang dilaksanakan di Kementerian PUPR, Jakarta, pada Selasa (2/5).

Dia mengatakan, pergantian, mutasi, rotasi dan promosi merupakan hal biasa di organisasi untuk penyegaran dan peningkatan kinerja.

"Bapak Menteri PUPR menambahkan hal yang khusus bahwa ini juga dilakukan untuk meningkatkan kekompakan dan kerja sama (teamwork) antarunit organisasi. Karena ada pelantikan sejumlah pengurus baru BPJT berarti hal ini juga berlaku untuk BPJT," katanya.

Pengurus BPJT Kementerian PUPR menjabat selama empat tahun, dan dapat dipilih kembali untuk maksimal dua periode.

Endra mengatakan bahwa Menteri PUPR menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Direktorat Jenderal Bina Marga dan BPJT atas kerja kerasnya bersama BUJT untuk membantu masyarakat mudik Lebaran tahun ini dengan aman dan relatif lancar.
Baca juga: Menteri PUPR: Infrastruktur untuk ASEAN Summit Labuan Bajo sudah siap
Baca juga: Menteri PUPR: Tak ada perintah perbaikan cepat jalan rusak di Lampung

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023