Jakarta (ANTARA News) - Seorang perempuan South Carolina, yang selama dua pekan tercatat sebagai orang Amerika tertua, meninggal dunia pada usia 114 tahun.

Perempuan bernama Mamie Rearden itu, yang lahir saat William McKinley menjadi Presiden Amerika Serikat (AS), meninggal dunia pada Rabu (2/1) di sebuah rumah sakit di Augusta, Georgia, 20 mil dari rumahnya di South Carolina.

"Saya sedang melihat dia saat dia menghembuskan nafas terakhir," kata putri termudanya, Sara Rearden, kepada Reuters.

Menurut dia, sebelumnya Mamie Rearden menjalani perawatan karena kesulitan bernafas dan tulang pinggulnya retak.

Meski usianya sudah sangat tua, namun Rearden masih lebih muda dari orang tertua di dunia yang masih hidup, seorang pria Jepang bernama Jiroemon Kimura yang menurut Gerontology Research Group berusia 115 tahun.

Menurut kelompok riset itu, Rearden menjadi orang tua tertua di AS pada 17 Desember 2012, saat Dina Manfredini yang tercatat sebagai orang tertua di dunia oleh Guinness World Records meninggal dunia pada usia 115 tahun.

Rearden lahir pada 7 September 1898 di Edgefield, South Carolina. Dia tumbuh besar dan menghabiskan hidupnya di kampung halamannya.

Perempuan yang sebelumnya bekerja sebagai guru sekolah itu meninggalkan pekerjaannya saat menikah. Dia memiliki 11 anak.

(ANT)

Penerjemah: Maryati
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013