Kuala Lumpur (ANTARA) - Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim menerima kunjungan resmi Menteri Luar Negeri Korea Selatan  Park Jin di Putrajaya, Selasa, membahas kerja sama sektor ekonomi hingga energi baru terbarukan (EBT).

Menurut Anwar, mereka sepakat untuk meningkatkan lagi pertukaran kunjungan di peringkat tertinggi antara kedua negara, selain membahas kerja sama sektor ekonomi, pertahanan, pembangunan infrastruktur, pengangkutan dan EBT.

Mereka, kata dia, membincangkan juga isu penting bersama dan kerja sama memperkuat hubungan dua negara, selain juga bertukar pandangan terkait isu Internasional dan geopolitik.

Pertemuan yang juga dihadiri Menteri Luar Negeri Malaysia Zambry Abdul Kadir tersebut terlaksana di Perdana Putra dalam rangkaian kunjungan resmi Park selama dua hari di Malaysia, yakni 1-2 Mei 2023.

Wisma Putra dalam pernyataan medianya menyebutkan lawatan resmi Park bertepatan dengan Ulang Tahun ke-40 Dasar Pandang Ke Timur (LEP) oleh Malaysia dan Korea Selatan.

Pada 2022, Korsel merupakan rekan dagang kedelapan terbesar Malaysia dengan jumlah mencapai 114,21 miliar ringgit Malaysia (RM) (25,94 miliar dolar AS) atau sekitar Rp377,29 triliun. Angka tersebut meningkat 29,3 persen dari nilai yang dicatatkan 2021.

Korsel juga merupakan investor asing ketujuh terbesar Malaysia dalam sektor pembuatan untuk projek yang dilaksanakan bernilai RM33 miliar (9,25 miliar dolar AS) atau sekitar Rp109.013 triliun.

Baca juga: PM Anwar Ibrahim sebutkan penolakan korupsi dalam pesan Idul Fitri
Baca juga: Anwar Ibrahim dan Xi Jinping bahas perdagangan hingga kemiskinan
Baca juga: Malaysia targetkan tuntaskan kemiskinan ekstrem pada 2023

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023