London (ANTARA) - Kenaikan suku bunga dari bank sentral di seluruh dunia melambat pada April berkat kombinasi dari pelonggaran inflasi dan prospek pertumbuhan yang melambat di tengah kelangkaan pertemuan tentang keputusan kebijakan moneter.

April melihat dua kenaikan suku bunga di lima pertemuan oleh bank sentral yang mengawasi 10 mata uang yang paling banyak diperdagangkan.

Pembuat kebijakan di Selandia Baru dan Swedia memberikan total 100 basis poin dalam kenaikan suku bunga, sementara Jepang, Australia, dan Kanada menahan diri. Itu dibandingkan dengan enam kenaikan suku bunga dalam delapan pertemuan oleh bank sentral G10 pada Maret.

"Kita sedang mendekati akhir dari siklus kenaikan global, kita berada pada titik belok," kata Omar Slim, co-head of Asia ex-Japan fixed income di PineBridge Investments.

Namun, sementara siklus pengetatan pasar negara maju berada di pergolakan terakhirnya, para pembuat kebijakan masih kehilangan beberapa hal untuk bertambat pada Mei dengan bank sentral Australia mengejutkan pasar dengan kenaikan suku bunga pada Selasa (2/5/2023) dan pembuat kebijakan di Federal Reserve AS dan Bank Sentral Eropa - tidak ada yang bertemu bulan lalu - diperkirakan akan memberikan lebih banyak kenaikan dalam beberapa hari mendatang.

"The Fed diantisipasi secara luas untuk menaikkan tetapi kemungkinan akan mempertahankan bias pengetatan untuk memberikan opsi kenaikan lain jika inflasi tidak sesuai," kata Mark McCormick di TD Securities.

Di pasar negara berkembang, tanda-tanda lebih lanjut dari perlambatan dorongan kenaikan suku bunga menjadi jelas. Sebelas dari 18 bank sentral dalam sampel Reuters dari ekonomi berkembang bertemu untuk memutuskan pergerakan suku bunga, tetapi hanya pembuat kebijakan di Israel dan Kolombia yang menaikkan secara kumulatif 50 basis poin. China, indonesia, India, Korea, Rusia, Turki, Hungaria, Polandia, dan Chile semuanya memutuskan untuk tetap tinggal.

Itu dibandingkan dengan pertemuan empat belas bank sentral di negara berkembang pada Maret dengan lima kenaikan dengan total 150 basis poin.

Sebagai tanda bahwa perubahan ke penurunan suku bunga sangat mungkin untuk pasar negara berkembang, bank sentral Uruguay - yang bukan bagian dari sampel Reuters - memangkas suku bunga acuannya sebesar 25 basis poin Rabu (26/4/2023) lalu, menjadi yang pertama menurunkan suku bunga di wilayah tersebut.

Para analis mengatakan pembuat kebijakan di negara berkembang di tempat lain tidak jauh di belakang.

Bank-bank sentral di seluruh Eropa Tengah dan Timur memberikan tanda-tanda yang lebih kuat dalam beberapa hari terakhir bahwa dengan inflasi yang sekarang menurun, pelonggaran moneter akan segera terjadi, kata Nicholas Farr, Ekonom Eropa Berkembang di Capital Economics.

"Tapi jelas masih ada kekhawatiran besar bahwa inflasi akan lambat turun kembali ke target bank sentral, dan kami pikir suku bunga akan dipotong kurang dari yang diperkirakan sebagian besar analis selama beberapa tahun ke depan," tambah Farr.

Baca juga: Menkeu Sri Mulyani masih waspadai krisis perbankan Eropa dan AS
Baca juga: Bank Dunia peringatkan risiko resesi global saat kenaikan suku bunga
Baca juga: IMF sebut prospek ekonomi global semakin suram & banyak risiko

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023