Bengkulu (ANTARA) - Badan Pusat Statistik menyampaikan lalu lintas penerbangan komersial ke pulau terluar Provinsi Bengkulu, Pulau Enggano pada Maret 2023 mengalami peningkatan signifikan yakni sebesar 42,86 persen.
 
"Ada 20 unit penerbangan pada Maret, di Februari hanya 14 unit penerbangan saja, atau naik sebesar 42,86 persen," kata Kepala BPS Provinsi Bengkulu Win Rizal di Bengkulu, Rabu.
 
Menurut dia, jumlah penerbangan pada Maret itu juga menjadi yang tertinggi sepanjang 2023, karena pada Januari lalu jumlah penerbangan ke Pulau Enggano hanya sebanyak 18 penerbangan saja.
 
Untuk jumlah penumpang, menurut dia, angka pada Maret ini juga jauh lebih tinggi dibandingkan Februari 2023. Terjadi kenaikan jumlah penumpang yang berangkat pulang pergi Bandara Fatmawati Kota Bengkulu-Bandara Enggano sebesar 48,15 persen.
 
Menurut dia,  jika dibandingkan dengan bulan yang sama di 2022, penerbangan dari dan ke Bandara Enggano juga menunjukkan peningkatan sebesar 39,86 persen.
 
Statistik kenaikan jumlah lalu lintas udara di Bengkulu tidak hanya ditunjukkan untuk tujuan Pulau Enggano saja. Penerbangan Bandara Mukomuko, Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu juga menunjukkan peningkatan sebesar 25 persen pada Maret 2023.
 
"Ada 40 penerbangan selama Maret dari dan ke Bandara Mukomuko, sedangkan pada Februari hanya 32 penerbangan, dan Januari 36 penerbangan," ujarnya.
 
Kemudian, statistik lalu lintas udara dari dan ke Bandara Fatmawati, Kota Bengkulu tidak terlalu mengalami perubahan meski ada sedikit kenaikan di Maret 2023.
 
Jumlah lalu lintas penumpang di Bandara Fatmawati Bengkulu pada Februari dicatat sebanyak 48.353 penumpang, dan pada Maret sedikit terdorong naik menjadi 49.249 penumpang.
 
 

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023