Bandung (ANTARA) -
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat (Jabar) menyatakan lebih dari setengah juta wisatawan telah mengunjungi sejumlah objek wisata di wilayah Jawa Barat, saat momentum libur Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah atau Lebaran 2023.
 
"Kalau berdasarkan data yang ada total ada lebih dari 600 ribuan yang melakukan kunjungan destinasi wisata di Jabar. Lalu dari sisi kapasitas 70 persen dari setiap destinasi wisata dan ada yang melonjak," kata Kepala Bidang Destinasi Wisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Ani Widiani, di Bandung, Rabu.
 
Menurut Ani seluruh objek wisata yang ada di Jawa Barat cukup ramai dan dipenuhi wisatawan namun, Pantai Pangandaran dan Kebun Raya Bogor terhitung paling banyak dikunjungi.
 
Ani menjelaskan, Pantai Pangandaran mendominasi dibandingkan dengan Puncak Bogor yang mengalami kemacetan beberapa jam setelah Idul Fitri 1444 H.
 
"Wilayah Bogor masih menjadi nomor dua, kalah dari Pangandaran. Paling banyak dikunjungi adalah Pantai Pangandaran, berdasarkan data yang masuk Pantai Pangandaran ini dikunjungi sebanyak 118.670 orang," kata dia.
 
Walaupun kalah dari Pangandaran, Disparbud Jawa Barat mencatat kunjungan wisatawan di wilayah Bogor cukup ramai, alasan Pantai Pangandaran lebih ramai diakibatkan karena faktor wilayah yang berdekatan dengan Jawa Tengah.
 
"Kebun Raya Bogor 46.000 orang, Sari Ater di Kabupaten Subang 40.000 orang, Pantai Batu Karas ini masih wilayah Pangandaran ya ...  31.000 orang, kemudian Taman Safari tentunya ini sudah tertebak ya ... di Kabupaten Bogor 23.000 orang," kata dia.
 
Walaupun wilayah lain di Bandung Raya juga masih menjadi primadona wisatawan untuk mengisi kekosongan usai libur lebaran 2023 seperti, di wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB), yang tercatat wisatawannya tergolong banyak.
 
"Lalu Floating Market di Lembang dikunjungi 16.000 orang. Hasil pemantauan kami di wilayah Lembang di KBB ini ada 15.000 orang, jadi lumayan banyak yang melakukan aktivitas wisata di masa libur Lebaran," kata dia.
 
Daerah asal wisatawan yang datang ke objek wisata di Jawa Barat, mayoritas kebanyakan berasal dari DKI Jakarta dan Jawa Tengah.
 
Namun, ada juga beberapa wisatawan yang dari wilayah lokal Jabar. Mereka hanya melakukan kunjungan wisata di area dalam kota saja.
 
"Untuk wisatawan utamanya dari Jawa Tengah jadi ini memang DKI Jakarta, Jawa Tengah dan lokal di Jawa Barat," kata Ani.

Baca juga: Tim Respons Cepat Jabar pantau tempat wisata pantai saat libur Lebaran
Baca juga: Bandung Raya-Bogor destinasi favorit di Jabar saat libur lebaran 2023
Baca juga: Ribuan warga Bandung ikuti Salat Id di Masjid Al Jabbar

 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023