Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Esport Indonesia (PB ESI) menyiapkan bonus sebesar Rp5 miliar kepada atlet esport Indonesia yang berhasil meraih medali di SEA Games 2023 Kamboja, 5-17 Mei mendatang.

Hal ini dikatakan langsung oleh Ketua Harian Pengurus Besar Esport Indonesia (PB ESI) Bambang Sunarwibowo saat ditemui awak media seusai melepaskan 38 tim esport Indonesia untuk SEA Games 2023 di kantor PB ESI, Rabu siang.

“Jadi kalo bonus sudah pasti disiapkan PB ESI karena SEA Games yang lalu kita siapkan bonus untuk atlet yang memperoleh medali,” kata Bambang.

“Kami persiapkan sekitar Rp5 miliar.”.

Di edisi SEA Games 2021, edisi ke-31 di Vietnam, PB ESI memberikan total bonus kepada peraih medali sebesar Rp3.8 miliar. Angka tersebut terbagi dari Rp2.25 miliar untuk peraih medali emas, Rp1.23 miliar untuk peraih medali perak, dan 335 juta untuk peraih medali perunggu.

Baca juga: Optimisme esport berkaca dari SEA Games hingga jadi juara dunia

Sementara itu, untuk edisi SEA Games tahun ini, Bambang tidak menyebutkan secara detail perihal nominal bonus untuk masing-masing calon peraih medali emas, perak, dan perunggu.

“Saya tidak menghitung detailnya. Kira-kira disiapkan oleh ketua umum kami menyiapkan nilainya sebesar berapa,” ucap Bambang.

Dalam kesempatan yang sama, Bambang menjelaskan persiapan pelatnas timnas esport menuju SEA Games sudah sangat baik.

Adapun, timnas esport Indonesia telah melakukan pelatnas sejak 6 Februari yang lalu bertempat di Apartemen Belleza, Permata Hijau, Jakarta Selatan.

Pria berusia 56 tahun itu mengaku optimistis tim esport Tanah Air dapat meraih minimal empat emas dan juga menargetkan juara umum esport di ajang pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara dua tahunan tersebut.

Baca juga: Seleknas esport SEA Games Kamboja memasuki tahap akhir

“Kita optimis bahwa pada pertandingan SEA Games esport Kamboja ini bisa kita akan memperoleh dari enam nomor yang dipertandingkan minimal bisa memperoleh empat emas. Kita harapkan kita bisa tingkatkan dengan menjadi juara umum,” kata Bambang.

Indonesia akan mengikuti enam nomor pertandingan dari sembilan nomor yang tersedia untuk cabang olahraga esport di SEA Games 2023.

Keenam nomor itu adalah Mobile Legends Bang Bang (MLBB) Pria, Mobile Legends Bang Bang (MLBB) Wanita, Player Unknown's Battlegrounds (PUBG) Solo, Player Unknown's Battlegrounds (PUBG) Team, Crossfire, dan Valorant.

Di gelaran SEA Games ke-32 ini, Indonesia menargetkan meraih empat emas, tiga perak, satu perunggu, dan menjadi juara umum.

Di edisi SEA Games 2021, tim esport Indonesia membawa pulang dua medali emas, tiga perak, satu perunggu, dan menempati posisi kedua klasemen akhir perolehan medali cabang olahraga esport.

Baca juga: PB ESI lepas 38 atlet esport Indonesia untuk SEA Games Kamboja
Baca juga: Daftar roster timnas Mobile Legends Indonesia di SEA Games Kamboja
Baca juga: Timnas Valorant ikuti training camp di Korea jelang SEA Games


Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023