Moskow (ANTARA News) - Penganut Ortodoks Rusia memadati gereja untuk menghadiri perayaan Natal pada Senin, termasuk sekitar 6.000 orang yang mengikuti perayaan di Katedral Kristus Juru Penyelamat di Moskow.

Kepala Gereja Ortodoks Rusia, Patriarch Kirill, mengajak jemaat untuk "mengikuti jejak kasih Sang Penyelamat" dan "selalu memikirkan sesama, Tanah Air dan Gereja."

Perdana Menteri Rusia, Dmitry Medvedev, menghadiri Liturgi Ilahi di katedral tersebut bersama istrinya dan menyempatkan saling mengucapkan selamat Natal dengan Patriarch, demikian laporan kantor berita RIA Novosti, Senin.

Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri perayaan Natal di Desa Lesnoye, Kota Sochi, yang berada di dekat Laut Hitam.

Perayaan Natal tersebut akan berlangsung hingga Senin malam, dan para pemimpin gereja akan menyampaikan khotbahnya setelah Kebaktian Besar yang akan dimulai pukul 16.00 waktu Moskow (19.00 WIB).

Gereja-gereja Ortodoks di Rusia, Jerusalem, Serbia, dan Georgia, biara-biara Athos, serta sebagian penganut Katolik dan Protestan merayakan Natal pada 7 Januari berdasarkan kalender Julian, sementara Katolik Roma, Lutherian, Anglikan dan beberapa gereja Ortodoks merayakannya pada 25 Desember.

(P012)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013